Ibu Ini Berbagi Cerita Anak Tersedak Makanan dan Cara Mengatasinya

Silfa Humairah Utami
Ibu Ini Berbagi Cerita Anak Tersedak Makanan dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi popcorn bisa sebabkan anak tersedak. (Shutterstock)

Bagaimana ceritanya seorang anak bisa tersedak karena makan popcorn?

Suara.com - Ibu Ini Berbagi Cerita Anak Tersedak dan Harus Operasi, Cara Menghindarinya.

Banyak orangtua menghindari makanan yang berukuran besar dan buah berbiji untuk menghindarkan balita mereka dari tersedak. Namun, ada makanan berbahaya yang bisa menyebabkan  tetapi sering diabaikan yakni popcorn.

Dilansir Himedik dari Popsugar, seorang ibu mengisahkan anaknya yang menjalani operasi akibat tersedak popcorn.

Nicole Johnson Goddard, seorang ibu dari tiga anak mengalami cobaan ketika ia harus melihat anaknya berjuang untuk hidupnya.

Untungnya, si kecil Nash sudah mulai pulih. Tetapi hal itu mendorong Nicole untuk membagikan apa yang terjadi sebagai peringatan kepada orang tua lain untuk berpikir dua kali sebelum memberikan popcorn kepada anak-anak mereka sebagai camilan.

Saat akhir pekan, keluarganya makan popcorn saat menonton film, dan meskipun Nash memiliki riwayat tersedak, ia tampak baik-baik saja. Keesokan harinya, segalanya berubah menjadi lebih buruk.

"Dia demam, jadi aku memberinya Motrin dan menidurkannya," tulisnya. "Kemudian napasnya tampak agak berat bagi saya dan dia merasa tidak enak.

'Saya segera menghubungi dokter anak." Setelah rontgen dada dan bronkoskopi, para dokter menemukan sesuatu yang jauh lebih buruk daripada pilek.

"Popcorn tersedot ke dalam paru-parunya ketika dia tersedak," katanya. "Tubuh mengenalinya sebagai benda asing. Semua peradangan menyebabkan dia mengembangkan pneumonia di paru-paru kirinya," tambahnya.

Dia masuk untuk operasi dan dokter mengeluarkan enam buah popcorn dari paru-paru bocah itu, meskipun ada kemungkinan lebih banyak yang tidak terlihat karena peradangan.

Mereka pun harus mengulangi prosedur itu dua hari kemudian. "Itu membuat saya sangat khawatir," kenang Nicole.

''Dokter bertemu kami ketika sudah berakhir dan mengatakan prosedurnya berhasil."

Dia memutuskan untuk berbagi pengalaman karena itu semua ada hubungannya dengan popcorn, yang selalu dimakan secara teratur di rumah mereka.

"Saya menulis ini sebagai pembuka mata bagi orang-orang untuk melihat bagaimana sesuatu yang Anda pikir baik dapat dengan cepat berubah menjadi sesuatu yang buruk," katanya, seraya menambahkan bahwa ia bersyukur ia mempercayai intuisinya bahwa putranya dalam bahaya.

Tips mencegah balita tersedak makanan

Perkenalkan bayi Anda dengan makanan padat, minimal saat usianya sudah mencapai 4 bulan. Jangan beri ia makanan padat sebelum ia memiliki kemampuan motorik untuk menelan makanan tersebut.

Jangan tawarkan makanan yang berisiko tinggi seperti keju, anggur, dan sayur yang masih berukuran besar-besar, kecuali makanan tersebut telah dipotong menjadi potongan-potongan kecil. Hati-hati juga dengan makanan seperti biji, kacang, permen, permen karet, marshmallow, dan makanan-makanan berisiko lain.

Seiring bertambahnya usia bayi, temani ia saat jam makan. Jangan biarkan dia untuk makan sambil berjalan, berlari, bermain. Ingatkan dia untuk menelan makanannya dulu sebelum bicara. Jangan biarkan dia untuk bermain lempar-makanan-ke-udara-lalu-tangkap-dengan-mulut dan aktivitas-aktivitas lain yang berpotensi membuatnya tersedak.
Selalu buang dulu tulang atau duri pada makanan, sebelum makanan tersebut Anda berikan pada bayi Anda.

Apalagi yang harus diperhatikan untuk mencegahnya, yuk klik halaman selanjutnya. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS