Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Dikira Dokter Sungguhan, Aktor Film Dewasa di Unggahan Hoaks Jadi Viral

Ririn Indriani | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Dikira Dokter Sungguhan, Aktor Film Dewasa di Unggahan Hoaks Jadi Viral
Ilustrasi dokter. (Shutterstock)

Aktor film dewasa, Johnny Sins terkenal luas di internet.

Suara.com - Dikira Dokter Sungguhan, Aktor Film Dewasa di Unggahan Hoaks Jadi Viral

Media sosial telah digegerkan oleh unggahan hoaks tentang dokter yang akan menyelidiki kematian ratusan petugas KPPS selama Pemilu 2019. Foto lelaki bule berpakaian mirip dokter pada unggahan itu pun seketika viral.

Dalam unggahan tersebut tampak keterangan yang menyatakan bahwa seorang dokter ahli racun bernama John Simpson akan datang ke Indonesia. Unggahan tersebut seolah menguatkan isu petugas KPPS meninggal diracun.

Dokter abal-abal yang disebutkan berasal dari Brazzer Hospital itu juga dituliskan seakan dirinya tak mewajarkan kelelahan sebagai alasan kematian ratusan petugas KPPS pasca-pemungutan suara pada 17 April lalu.

Maka dari itu, berdasarkan unggahan tersebut, dr John Simpson akan mengunjungi Indonesia untuk melakukan penyelidikan.

Aktor film dewasa dikira dokter sungguhan di unggahan hoaks - (Twitter)
Aktor film dewasa dikira dokter sungguhan di unggahan hoaks - (Twitter)

Unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari 200 kali dan dianggap telah dipercayai banyak orang.

Padahal, pria pada foto itu adalah seorang aktor film dewasa. Foto yang dipasang di unggahan itu pun tampaknya diambil dari adegan saat ia berperan sebagai dokter.

Pria asal Amerika Serikat bernama asli Steven Wolfe, yang dikenal dengan nama panggung Johnny Sins, itu sangat terkenal di internet. Ia merupakan bintang film panas produksi Brazzer, yang dalam unggahan hoaks 'dokter John Simpson' disebut sebagai rumah sakit.

Menurut IMDB, Johnny Sins telah membintangi ratusan film dewasa dengan berbagai karakter, termasuk dokter.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS