Kak Seto Sebut Jarak Rumah ke Sekolah Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

M. Reza Sulaiman
Kak Seto Sebut Jarak Rumah ke Sekolah Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak
Ilustrasi anak sekolah (Shutterstock)

Tahukah Anda bahwa jarak antara sekolah dan rumah juga memengaruhi tumbuh kembang anak?

Suara.com - Kak Seto Sebut Jarak Rumah ke Sekolah Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Jarak dan lokasi menjadi salah satu pertimbangan orang tua saat memutuskan tempat sekolah si kecil. Namun, tahukah Anda bahwa jarak antara sekolah dan rumah juga memengaruhi tumbuh kembangnya?

Pemerhati Dunia Anak Seto Mulyadi mengatakan, sekolah dengan lingkungan yang baik, tentu dapat memberikan pengaruh dan efek yang baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan.

Selain itu juga lingkugan sekolah, orang tua, dan keluarga menjadi faktor penting yang berpengaruh pada tumbuh kembang anak.

"Bagi si kecil yang masih membutuhkan perhatian dari orang tua, memilih sekolah yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah mungkin menjadi pertimbangan, paling tidak bisa menghindari jarak waktu tempuh. Dengan demikian anak memiliki waktu istirahat yang cukup, tidak mengalami stres dalam perjalanan, sehingga akan mengikuti pelajaran dengan kondisi prima" kata Seto Mulyadi saat menghadiri talk show Musim Sekolah Tiba di Marketing Lounge Podomoro Golf View, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Jumat (24/5/2019).

Menurut dia, jarak antara rumah dan sekolah yang terlalu jauh terkadang akan pengaruh yang kurang baik pada kondisi fisik anak. Hal ini bisa menyebabkan anak mudah lelah dan kurangnya semangat untuk belajar.

Tas Punggung, tas ransel, anak sekolah. (Shutterstock)
Ilustrasi anak berangkat sekolah. (Shutterstock)

"Jarak tempuh sekolah berpengaruh belajar anak, dan konsentrasi belajar menjadi kurang baik. Dan pula jarak yang dekat membuat anak memiliki banyak waktu bermain," tuturnya.

Masih di lokasi yang sama, Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus berpendapat sekolah dekat rumah turut membantu meringankan beban orang tua.

"Dari sisi ekonomi, lebih hemat. Sekolah yang jauh membutuhkan biaya transportasi. Misalnya apabila menggunakan jasa antar jemput, maka ada biaya tambahan yang harus di keluarkan ujarnya Pemerintah pun mulai memahami kondisi ini dengan menerapkan sistem zon zonasi menjadi kriteria Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat," kata Alvian.

Berdasarkan Permendikbud No. 14/2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) disebutkan, kriteria utama dalam penerimaan siswa baru, yakni jarak sesuai dengan ketentuan zonasi.

Menyadari pentingnya sarana pendidikan yang terjangkau, sambung dia, baik dari segi biaya maupun jarak, Podomoro Golf View melengkapi kawasannya dengan fasilitas pendidikan.

"Mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi tersedia di kawasan mixed-use development seluas 60 hektar yang berada di exit tol Km 19 Cimanggis. Institusi pendidikan yang tersedia di kawasan antara lain Sekolah Karakter Bangsa, AL-Azhar hingga Gunadarma," pungkasnya.

Kontributor : Supriyadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS