facebook

Kenali 5 Jenis Kanker yang Paling Kecil Peluang Hidupnya, Ada yang 1 Persen

Dinar Surya Oktarini | Shevinna Putti Anggraeni
Kenali 5 Jenis Kanker yang Paling Kecil Peluang Hidupnya, Ada yang 1 Persen
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

Bukan kanker darah, ada 5 jenis kanker lainnya yang menyerang organ vital dalam tubuh yang memiliki kemungkinan kecil bertahan hidup.

Suara.com - Ada banyak jenis kanker yang bisa menyerang manusia karena berbagai faktor, mulai gaya hidup, riwayat keluarga dan faktor risiko lainnya.

Kanker termasuk jenis penyakit ganas yang telah merenggut nyawa banyak orang. Meski begitu, tak sedikit pula penderita kanker yang berhasil bertahan hidup.

Sebenarnya seorang penderita kanker mampu bertahan hidup karena beberapa faktor, salah satunya tingkat stadium kanker yang dideritanya.

Tetapi, melansir dari wikipedia ada 5 jenis kanker dari belasan kategori yang ada hanya memiliki kemungkinan kecil dapat bertahan hidup. Bahkan salah satu diantara 5 jenis kanker tersebut dipercaya tidak memiliki harapan hidup panjang.

Baca Juga: Hindari Stres dan Cemas, Kondisi Ini Memicu dan Memperburuk Kanker Darah

1. Kanker glioma intrinsik pontine difus (DIPG)

Melansir dari childrenhospital.org, kanker jenis ini termasuk paling agresif dan sulit untuk diobati karena berada di batang otak. Kita bisa menyebutnya sebagai kanker batang otak.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh tumor ganas di batang otak yang mengendalikan semua fungsi vital tubuh seperti pernapasan, tekanan darah dan detak jantung. Karena itu orang yang menderita kanker ini sama sekali tidak memiliki harapan hidup lebih lama secara medis, kecuali ada keajaiban.

Ilustrasi kanker (Shutterstock)
Ilustrasi kanker (Shutterstock)

2. Kanker jantung

Kanker jantung dilansir dari mayoclinic.com, termasuk kanker yang berawal dari tumor ganas di jantung yakni sarkoma. Ini sejenis kanker yang berasal dari jaringan lunak tubuh.

Baca Juga: Peneliti Ungkap Sering Makan Daging Olahan Tingkatkan Risiko Kanker Darah

Kanker langka ini menghasilkan hormon yang dapat merusak katup jantung. Selain itu, harapan hidup penderita kanker jantung ini diketahui hanya 1 persen.

Komentar