Rano Karno Sakit Kelelahan saat Lebaran, Minum Ramuan Bumbu Dapur Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Rano Karno Sakit Kelelahan saat Lebaran, Minum Ramuan Bumbu Dapur Ini
Artis sekaligus politikus Rano Karno berpose saat berkunjung ke kantor Redaksi Suara.com, Jakarta, Rabu (8/5). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Rano Karno kelelahan saat lebaran sampai jatuh sakit, ternyata beberapa bumbu dapur bisa dimanfaatkan sebagai ramuan berenergi.

Suara.com - Setelah Hari Raya Idul Fitri, aktor senior Rano Karno justru jatuh sakit. Kondisi Rano Karno yang sedang sakit diungkapkan oleh adiknya, Suti Karno, yang juga berperan sebagai Atun di tayangan Si Doel.

"Mohon maaf Bang Rano nggak bisa ikut ke sini karena lagi nggak enak badan," ujarnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Cornelia Agatha yang menurutnya Rano Karno sakit karena kelelahan menerima banyak tamu selama lebaran 2019 ini.

"Katanya begitu (sakit). Tapi nggak tahu ya kenapa. Kecapekan kali kemarin nerima banyak tamu," kata Cornelia Agatha.

Selama musim lebaran, kelelahan selalu menjadi keluhan utama orang jatuh sakit. Biasanya karena terlalu banyak menerima tamu, berkeliling ke rumah saudara atau perjalanan panjang yang macet.

Oleh karena itu, seseorang membutuhkan asupan makanan dan minuman berenergi untuk menjaga stamina tubuh. Jika tubuh sudah merasa lelah, kita juga bisa mencoba beberapa ramuan bumbu dapur untuk mengembalikan energi.

Melansir dari mindbodygreen.com, adapun sejumlah bumbu dapur yang bisa kita olah sebagai ramuan sumber energi.

Ilustrasi bumbu dapur (shutterstock)
Ilustrasi bumbu dapur (shutterstock)

1. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang bersifat antiinflamasi dan antioksidan kuat. Bahkan penelitian juga menyebutkan kunyit mampu melawan kanker, mengurangi rasa sakit, meningkatkan fungsi otak, kardiovaskular, pencernaan dan paru-paru.

Selain itu, kandungan fenugreek dalam kunyit juga bersifat antioksidan kuat yang telah terbukti meningkatkan gairah seksual pria dan wanita.

2. Kayu manis

Bahan masakan yang sering tersedia di dapur ini juga dipercaya mampu meningkatkan energi dan suasana hati.

Penelitian juga menyatakan kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, bahan dapur ini juga bersifa antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu meningkatkan antikanker dan antimikroba.

3. Jinten

Jinten yang merupakan bahan utama dalam bumbu kari juga ampuh untuk meningkatkan dan menjaga stamina tubuh. Bahkan, jinten juga digunakan untuk meningkatkan dorongan seks di Cina.

Cengkeh. (Shutterstock)
Cengkeh. (Shutterstock)

4. Cengkeh

Sejak dahulu, bumbu aromatik ini juga digunakan untuk meningkatkan libido dan dorongan seks. Selain itu, cengkeh juga bersifat antioksidan yang mampu membantu pencernaan, mengurangi peradangan dan membantu penyembuhan luka.

Kita bisa mengonsumsi cengkeh sebagai minuman teh untuk meningkatkan energi harian.

5. Ketumbar

Ketumbar yang bertindak sebagai detoxifier dapat membantu pencernaan, hormon dan keseimbangan suasanan hati.

Selain itu, bumbu dapur ini juga bersifat antioksidan dan anti-inflamasi yang merupakan sumber mineral baik seperti magnesium dan zat besi.

Guna memanfaatkan ketumbar sebagai penambah stamina, kita bisa menambahkannya dalam sayur sop, semur atau hidangan lain.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS