Studi Ungkap Berdiri Bantu Menurunkan Berat Badan, Kok Bisa?

Vika Widiastuti
Studi Ungkap Berdiri Bantu Menurunkan Berat Badan, Kok Bisa?
Ilustrasi bekerja sambil berdiri. [Shutterstock]

Bagaimana berdiri bisa membantu menurunkan berat badan?

Suara.com - Pernahkah Anda berpikir bahwa berdiri beberapa jam bisa menurunkan berat badan? Jika tidak, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkannya.

Untuk menurunkan berat badan, tentu saja olahraga adalah penting, tetapi berdiri saja ternyata bisa bisa membakar kalori. Apakah Anda masih bertanya-tanya bagaimana bisa seperti itu.

Dilansir dari timesofindia, penelitian baru-baru ini menyarankan Anda untuk meninggalkan kursi dan memilih meja kerja. Lalu bagaimana berdiri bisa membantu menurunkan berat badan.

Seperti yang kita tahu, duduk sepanjang hari sebenarnya tidak hanya menyebabkan bertambahnya berat badan, tetapi juga meningkatkan masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, duduk terlalu lama juga menyebabkan penuaan lebih dini. Hal ini karena gaya tidup tidak bergerak bisa mempersingkat telomere, DNA di ujung kromosom.

Duduk sepanjang hari juga berkontribusi pada penumpukan lemak di sekitar organ tubuh kita. Untuk mengindari efek tersebut, pergi ke gym bisa menjadi salah satu solusinya.

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Namun, jika Anda tidak bisa pergi ke gym, maka berdiri juga dapat membantu mengatasi penumpukan lemak di tubuh.

Menurut studi yang dipimpin oleh Dr. Francisco Lopez-Jimenez dari Mayo Clinic dengan melibatkan lebih dari 1000 orang terbukti bahwa berdiri lebih banyak membakar kalori dibanding hanya duduk.

Dengan berdiri, seseorang membakar sekitar 0.15 kalori lebih banyak per menit. Hal ini berarti seseorang yang memiliki berat badan 65 kg akan kehilangan 54 kalori jika berdiri selama 6 jam setiap hari.

Pada intinya, rata-rata orang duduk sekitar 13 jam dalam sehari dan tidur 8 jam. Hal ini berarti 21 jam tidak aktif secara fisik dalam sehari.

Jika Anda ingin mengurangi berat badan dan ingin tetap bugar, cobalah berdiri lebih banyak. Anda dapat mencoba berdiri selama beberapa jam di kantor sambil bekerja.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS