Tahukah Anda, Yoga Ternyata Lebih Baik Dilakukan Saat Perut Kosong

M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Tahukah Anda, Yoga Ternyata Lebih Baik Dilakukan Saat Perut Kosong
Ilustrasi Yoga saat perut kosong. (Shutterstock)

Pakar yoga dari India jelaskan kapan waktu terbaik melakukan olahraga yoga.

Suara.com - Tahukah Anda, Yoga Ternyata Lebih Baik Dilakukan Saat Perut Kosong

Setiap jenis olahraga tentu memiliki waktu terbaik untuk dilakukan, begitu pula dengan yoga. Aktivitas fisik yang berasal dari India ini ternyata lebih baik dilakukan saat perut kosong.

Hal ini disampaikan Guru Yoga asal India, Jeevitha. Menurutnya, yoga lebih baik dilakukan saat perut kosong karena dalam kondisi ini tubuh lebih maksimal dalam melakukan teknik olah napas. Sementara dalam kondisi perut penuh, tubuh akan terkonsentrasi untuk membakar kalori.

"Melakukan gerakan yoga itu melibatkan teknik pernapasan. Ketika perut penuh maka ketika melakukan gerakan juga akan menimbulkan rasa sakit. Hasilnya tidak maksimal," ujar Jeevitha saat ditemui Suara.com di Kedutaan Besar India, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Itu sebabnya kata dia, waktu terbaik untuk melakukan yoga adalah di pagi hari sebelum sarapan. Sedangkan sebelum tidur tidak disarankan melakukan yoga karena biasanya perut masih dalam kondisi penuh setelah makan malam.

Yoga lebih baik dilakukan saat perut kosong. (Shutterstock)
Yoga lebih baik dilakukan saat perut kosong. (Shutterstock)

"Waktu terbaik memang di pagi hari saat perut kosong. Kalau nggak punya waktu, bisa sore atau malam hari. Tapi harus dalam kondisi perut kosong," imbuhnya.

Nah untuk Anda yang merupakan pemula, Jeevitha menyarankan agar Anda mencari guru yang tepat untuk membimbing dalam melakukan berbagai gerakan yoga. Ketika sudah mulai mampu menjalani gerakan yoga sendiri barulah ia mempersilahkan Anda untuk berlatih sendiri.

"Kalau pemula saya rekomendasikan untuk cari guru yoga. Alasannya bisa mengarahkan Anda pada gerakan yang tepat. Lihat buku atau internet boleh tapi Anda tidak tahu mana gerakan yang tepat. Jadi beginner lebih baik cari guru yoga," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS