Mirip Puasa, Kenali Diet OCD ala Deddy Corbuzier Sejak 2013

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Mirip Puasa, Kenali Diet OCD ala Deddy Corbuzier Sejak 2013
Deddy Corbuzier [Instagram]

Kenali diet OCD ala Deddy Corbuzier yang baru saja mualaf dan memeluk agama Islam.

Suara.com - Setelah resmi mualaf dan memeluk agama Islam, Deddy Corbuzier masih menjadi perbincangan hangat masyarakat.

Selain status resminya sebagai umat muslim yang diperbincangkan, gaya hidup sehat Deddy Corbuzier juga tak luput dari sorotan publik.

Pria bertubuh kekar ini memang dikenal senang berolahraga dan memiliki gaya hidup sehat. Deddy Corbuzier pula yang membuat diet OCD alias obsessive corbuzier diet melejit di tengah masyarakat.

Deddy Corbuzier telah menjalani diet OCD tersebut sejak 2013 silam. Secara umum, diet OCD ala Deddy Corbuzier ini sama seperti puasa.

Kunci utama OCD adalah jendela makan yang terbatas tapi tidak memiliki pantangan makanan apapun. Diet OCD atau sama halnya dengan puasa berselang ini biasanya dilakukan secara bertahap.

Ilustrasi diet (Shutterstock)
Ilustrasi diet (Shutterstock)

Melansir dari Healthline, perlu dipahami bahwa tahapan diet OCD ini yakni 8 jam, 6 jam dan 4 jam. Artinya, kita hanya diperbolehkan makan apapun selama durasi waktu tersebut.

Diluar durasi 8 jam, 6 jam dan 4 jam itu kita tidak diperbolehkan makan. Bahkan, kita juga tidak dianjurkan untuk sarapan.

Biasanya orang membagi tahapan diet OCD ini setiap minggunya. Contohnya, di minggu pertama kita menerapkan 8 jam, lalu di minggu kedua 6 jam dan minggu ketiga 6 jam.

Dengan menerapkan waktu 8 jam itu artinya kita hanya diperbolehkan makan apapun selama 8 jam dan sisanya 16 jam kita tidak boleh mengonsumsi makanan apapun.

Kita juga bisa mengatur sendiri durasi 8 jam itu akan dimulai dari jam berapa asalkan tidak lebih dari jam 5 sore.

Sukses diet turun berat badan 5 kg punya banyak manfaat. (Shutterstock)
Sukses diet turun berat badan 5 kg punya banyak manfaat. (Shutterstock)

Contohnya, dengan waktu 8 jam, kita bisa menjadwal waktu makan dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Mulai pukul 9 pagi itulah kita baru boleh makan hingga jam 5 sore. Setelah itu hanya disarankan minum air putih.

Jika sudah terbiasa dengan diet OCD ini kita bisa mempersempit durasinya menjadi 6 jam hingga 4 jam. Bahkan ada pula yang menjalankannya selama 24 jam, artinya hanya satu kali makan dan sisanya hanya diperbolehkan minum.

Meski kita diperbolehkan makan apapun di jam tertentu bukan berarti tidak memperhatikan asupan nutrisi.

Kita bisa mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh dan sumber protein. Kita juga hanya diperbolehkan minum bebas kalori seperti air putih, teh dan kopi tanpa pemanis saat diet OCD.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS