Math Battle, Influencer Pendidikan Bagikan 4 Tips Agar Anak Suka Matematika

Vania Rossa
Math Battle, Influencer Pendidikan Bagikan 4 Tips Agar Anak Suka Matematika
Jerome Polin dan Sabda PS. (Dok. Zenius Education)

Jerome Polin, influencer pendidikan, membagikan tips untuk membuat anak menyukai matematika.

Suara.com - Jerome Polin, influencer pendidikan yang aktif memberikan edukasi positif untuk remaja dan anak-anak di Youtube, sangat menyukai pelajaran matematika. Tidak hanya berhasil menjuarai berbagai olimpiade matematika, pemilik kanal YouTube Nihongo Mantappu dengan 1,7 juta subscribers ini juga berhasil mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Waseda University Jepang dengan peminatan Matematika Terapan.

Jerome menyadari bahwa matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang cenderung tidak disukai dan bahkan ditakuti oleh banyak pelajar. Dan lelaki berusia 21 tahun ini pun membagikan beberapa tips untuk para orangtua agar lebih mudah membuat anak-anaknya jatuh cinta pada matematika. Ini dia, seperti dirangkum Suara.com dari rilis Zenius Education.

1. Mengenalkan matematika pada anak
“Sering banget aku lihat di banyak kasus, anak nggak suka matematika karena dari awal pun sudah nggak paham matematika. Nah, manusia itu cenderung nggak suka sama apa yang mereka belum pahami, jadi perlu diperkenalkan dulu apa sih matematika, gimana sih caranya. Baru setelah itu anak akan paham dan ujungnya akan lebih mudah suka pelajaran matematika,” kata Jerome.

2. Menanamkan mindset pada anak kalau matematika itu menyenangkan
“Dulu pas aku kecil, aku merasa tertantang dengan soal matematika. Kalau bisa jawab soal, rasanya seneng banget karena seperti bisa menyelesaikan tantangan yang semakin lama semakin sulit,” lanjut mahasiswa kelahiran Surabaya tersebut.

“Matematika itu kan juga bermanfaat untuk latihan berpikir. Nah, sukses menghadapi tantangan yang bermanfaat itu rasanya menyenangkan, dan orangtua bisa ilustrasikan serunya matematika supaya anak-anak penasaran dan tertarik untuk latihan matematika.”

3. Memberikan apresiasi untuk prestasi anak di pelajaran matematika
“Ketika aku berprestasi di suatu bidang, dalam hal ini matematika, aku dapat pujian dari banyak orang. Gak bohong kalo aku senang dipuji banyak orang, dan manusia pada dasarnya memang begitu kok. Tanpa disadari, pujian itu menyenangkan sehingga kalau orangtua sering kasih pujian ke anaknya sekecil apapun perkembangannya dalam matematika, anak pasti akan semakin semangat dan rajin untuk belajar, apalagi kalau sebelumnya sudah menemukan serunya matematika,” aku Jerome.

4. Mencarikan guru matematika yang berkualitas
Menurut Jerome, guru yang baik adalah pengajar yang sabar, luwes, tidak kaku untuk menjelaskan pelajaran matematika dengan sebaik-baiknya. “Matematika itu pasti, mau dibawa ke negara apapun hasilnya tetap sama. Nah, aku suka matematika itu dari jaman sekolah,” ujar Jerome.

Kebetulan, Jerome belajar matematika di Zenius Education sebagai salah satu pionir EdTech di Indonesia yang memberikan solusi belajar online. Di sini, ia diajar oleh Sabda PS, CEO dan Co-founder Zenius Education, yang menurutnya punya cara mengajar yang asyik, membuatnya mengerti matematika sampai ke akar-akarnya.

Nah, baru-baru ini, Jerome mengadakan math battle dengan Sabda PS. Math Battle adalah salah satu segmen di kanal YouTube Jerome, Nihongo Mantappu, di mana Jerome berlomba dengan penantangnya untuk menjadi yang paling cepat dalam menjawab soal-soal matematika dengan benar.

Jerome sebelumnya sudah bertanding Math Battle dengan mahasiswa Nanyang Technological University (NTU) Singapura, mahasiswa Edmonds Community College, Washington, Amerika Serikat, dan rekannya sesama mahasiswa jurusan Matematika Terapan di Waseda University Jepang. Penasaran sama math battle Jerome? Kamu bisa lihat videonya di bawah ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS