Kartika Putri Khawatir Jelang Melahirkan, Ketahui Kunci Utama Persalinan

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Kartika Putri Khawatir Jelang Melahirkan, Ketahui Kunci Utama Persalinan
Kartika Putri dan suami, Habib Usman bin Yahya. [Yuliani/Suara.com]

Berlatih pernapasan sebelum melahirkan dapat membuat tubuh cepat mengatasi ketegangan selama persalinan.

Suara.com - Aktris cantik Kartika Putri mengaku merasa khawatir menjelang kelahiran buah hati pertamanya bersama Habib Usman bin Yahya.

Kekhawatiran ini muncul akibat dirinya terlalu sering menonton video proses persalinan. Baik proses secara normal maupun caesar.

"Sudah lihat semua video dari model cesar, normal, sudah semua," tutur Kartika Putri, Selasa (27/82/2019).

Rasa khawatir ini ternyata sampai dirasakan suaminya.

"Dia nggak deg-degan sih (awalnya), cuma tiba-tiba 'gimana ya, bisa nggak ya, aduh bakalan ngedennya lama nih' gitu," ujar Usman Bin Yahya.

Meski begritu, Kartika Putri tetap teguh pada keinginannya untuk melahirkan secara normal.

Persalinan terkadang terdengar menakutkan bagi sebagian perempuan, terutama bagi calon ibu baru. Namun jangan sampai hal ini membuat calon ibu stres, sebab stres dapat memengaruhi janin.

Kartika Putri cerita masa-masa awal kehamilannya. [instagram/kartikaputriworld]
Kartika Putri cerita masa-masa awal kehamilannya. [instagram/kartikaputriworld]

Cara terbaik agar kelahiran lancar adalah bersikap santai selama persalinan.

Santai selama persalinan akan membantu calon ibu dalam banyak hal. Tubuh akan bekerja lebih baik dan mendorong pelepasan hormon yang berfungsi membantu selama melahirkan.

Hormon utama yang membantu calon ibu melahirkan secara efektif disebut oksitosin. Ini memengaruhi frekuensi, panjang dan kekuatan kontraksi calon ibu, dan akan mudah lepas saat merasa tenang, aman dan santai.

Ada juga hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit dan membantu calon ibu lebih tenang serta dapat mengatasi kontraksi. Endorfin juga dapat mengatur kekuatan persalinan.

Kenali tubuh dan pelajari cara rileks selama kehamilan. Kemudian begitu melahirkan, calon ibu dapat menggunakan teknik relaksasi yang telah Anda praktikkan.

Caranya adalah dengan ambil napas dalam-dalam, dan saat bernapas, biarkan otot rileks sehingga terasa longgar dan lemas, bukan kaku.

Berlatihlah secara rutin menjelang melahirkan. Jadi begitu melahirkan tubuh akan tahu bagian mana yang tegang dan bagaimana cara menenangkannya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS