Menangis karena Patah Hati Hingga Air Mata Habis, Bisa Bikin Mata Kering?

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Menangis karena Patah Hati Hingga Air Mata Habis, Bisa Bikin Mata Kering?
Sering menangis bisa bikin mata kering? (Shutterstock)

Benarkah sering menangis bisa bikin mata kering? Ini penjelasan dokter mata.

Suara.com - Menangis karena Patah Hati Hingga Air Mata Habis, Bisa Bikin Mata Kering?

Saat patah hati atau kecewa biasanya diluapkannya lewat menangis hingga tersedu-sedu. Saking banyaknya air mata yang keluar, air mata terasa seperti terkuras dan habis.

Pertanyaan yang sering terlontar, benarkah menangis bisa jadi pemicu gejala mata kering?

Dokter Spesialis Mata dr. Nina Asrini Noor, Sp.M menjelaskan perbedaan mendasar antara mata kering dan mata sembab karena menangis ada pada mekanisme keluarnya air mata.

Air mata keluar secara alami melalui kelenjar air mata dengan dorongan emosional. Sedangkan gejala mata kering ialah kondisi hilangnya keseimbangan komponen air mata.

"Proses air mata keluar saat menangis, dengan produksi (ketersediaan) air mata secara continue di mata itu berbeda. Jadi tidak ada hubungannya menangis lama sebabkan mata kering, karena mekanismenya berbeda," ujar dr. Nina dalam temu media Insto di Atrium Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019).

dr. Nina mengatakan gejala mata kering ditandai dengan air mata yang tidak stabil, meningkatnya kekentalan air mata, kerusakan hingga peradangan permukaan mata. Penyebab mata kering juga beragam seperti fokus melihat layar komputer dan handphone yang terlalu lama.

Pakar kesehatan mata dr. Nina Asrini Noor, Sp.M. (Suara.com/Dini Afrianti)
Pakar kesehatan mata dr. Nina Asrini Noor, Sp.M. (Suara.com/Dini Afrianti)

"Karena saat sedang fokus, frekuensi berkedip berkurang, sehingga mata terasa seperti mengganjal, mudah merah berulang, berair, terasa kering, sensasi berpasir, ada kotoran mata, terasa lengket, rasa gatal yang memicu untuk mengucek mata. Membaca buku dan mengemudikan kendaraan juga termasuk kegiatan yang dapat menimbulkan mata lelah atau kering," jelasnya.

Tidak hanya terlalu fokus melihat gadget, tetapi juga faktor suhu speed hembusan pendingin ruangan atau AC dengan kelembaban rendah juga memicu mata kering.

"Solusinya kalau masuk ruangan ber-AC bisa diatur speednya tidak terlalu tinggi, yang penting cukup untuk membuat nyaman," tukas dr. Nina.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS