Tak Sadar Makan Daging Babi Kurang Matang, Pria Ini Alami Infeksi Otak

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
Tak Sadar Makan Daging Babi Kurang Matang, Pria Ini Alami Infeksi Otak
Ilustrasi hot pot. (Unsplash/Bady qb)

Akibat kuah sup pada sajian hot pot, lelaki ini tidak sadar daging yang dimakannya belum benar-benar matang.

Suara.com - Sajian hot pot mulai menjadi kegemaran bagi sebagian besar masyarakat yang menyukai makanan Asia Timur.

Hotpot merupakan sajian makanan self-cook yang berarti kita harus memasaknya sendiri. Namun siapa sangka, sajian menggugah selera ini juga dapat berbahaya bagi tubuh, seperti yang terjadi pada seorang pria asal Hubei, China ini.

Seorang pria berusia 46 tahun dilaporkan menderita epilepsi setelah mengonsumsi irisan daging babi dan domba kurang matang saat memakan sajian hot pot.

Setelah diperiksa, dokter menemukan bahwa dirinya mengalami infeksi otak yang disebabkan oleh parasit di otaknya. Diduga parasit ini berasal dari daging kurang matang yang ia konsumsi.

Sang pria menceritakan pada Sina News, bahwa ia merasa sakit setelah makan daging dan mendapat diagnosis awal dengan klasifikasi intrakranial yang disebabkan oleh deposit logam dalam pembuluh darah.

Ilustrasi makanan hot pot [shutterstock]
Ilustrasi makanan hot pot [shutterstock]

Dokter pun menyarankan pada sang pria untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Namun, saran ini ditolak dengan alasan sudah merasa lebih baik.

Beberapa hari berikutnya, sang pria ini justru mengalami kejang di malam hari. Akhirnya, ia kembali memutuskan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan.

Ia pun menjalani pemindaian MRI yang mana hasilnya menunjukkan ia memiliki infeksi parasit seirus di otaknya.

Dokter lalu menduga daging kurang matang yang dikonsumsi sang pria masih mengandung cacing pita yang biasanya memang ditemukan pada daging babi mentah atau kurang matang. Parasit ini, katanya, dapat masuk otak melalui sistem pencernaan.

Sang dokter melanjutkan bahwa telur parasit dapat menetas dalam sistem pencernaan dan bersirkulasi ke berbagai bagian tubuh, termasuk otak.

Mendengar hal ini, sang lelaki mengaku dirinya tidak sadar telah memakan daging babi mentah karena sulitnya mendeteksi ketika sudah tercampur dengan kuah sup yang berwarna merah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS