Jabodetabek Banjir, Waspada Sederet Penyakit Ini Pascabanjir!

Ririn Indriani
Jabodetabek Banjir, Waspada Sederet Penyakit Ini Pascabanjir!
Seorang warga beraktivitas di rumahnya yang terendam banjir di kawasan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (1/1). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Rumah yang kebanjiran meningkatkan risiko penyakit. Anda harus tahu cara mengantisipasinya.

Suara.com - Tahun Baru 1 Januari 2020, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) diguyur hujan deras seharian yang membuat banyak pemukiman kebanjiran.

Kedalaman air yang membanjiri pemukiman di wilayah Jabodetabek mulai dari semata kaki hingga sepinggang orang dewasa.

Akibat musibah tersebut, banyak warga terdampak banjir mengungsi ke tempat pengungsian atau ke tempat saudara serta kerabat.

Yang jadi persoalan, bencana banjir tak hanya menimbulkan kerugian materi, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit pascabanjir.

Apalagi, kata Akademisi sekaligus Praktisi Klinis, Prof. DR. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD KGEH. MMB, anak-anak merupakan kelompok rentan yang mudah terkena penyakit pascabanjir.

"Coba saja diidentifikasi pada lingkungan kita terutama yang masih mempunyai anak-anak. Berapa kali mereka mengalami gangguan kesehatan dalam musim penghujan dan banjir saat ini," tulisnya lewat aplikasi WhatsApp yang diterima Suara.com, Kamis (2/1/2020).

Lebih lanjut Prof Ari mengatakan bahwa secara umum peningkatan kasus penyakit pascabanjir dan musim penghujan didasarkan pada penyebaran 3 kelompok panyakit.

Apa saja? Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS