Jangan Makan Pisang dan Susu Bersamaan, Ketahui Risikonya pada Pencernaan!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Makan Pisang dan Susu Bersamaan, Ketahui Risikonya pada Pencernaan!
Ilustrasi pisang. (Shutterstock)

Makan pisang dan susu bersamaan bisa menyebabkan masalah perncernaan dan lainnya.

Suara.com - Susu dan pisang adalah kombinasi makanan yang lengkap dan favorit. Biasanya dua bahan ini diolah menjadi milkshake, smoothies dan lainnya.

Tetapi, para ahli berpendapat pisang dan susu mungkin bukan kombinasi makanan terbaik. Keduanya memang sangat bergizi, tetapi tidak bisa berjalan baik jika dikonsumsi bersamaan.

Karena dilansir oleh India Times, susu dan pisang adalah dua entitas yang berbeda. Susu sarat dengan protein, vitamin dan mineral seperti riboflavin, kalsium dan vitamin B12.

Sekitar 100 gram susu mengandung 42 kalori. Namun, susu kurang kandungan vitamin C, serat makanan dan karbohidrat yang sangat sedikit.

Sedangkan, pisang mengandung vitamin B6, vitamin C, serat makanan, kalium dan biotin. Setiap 100 gram pisang mengandung 89 kalori, sehingga mengonsumsinya bisa membuat perut kenyang dalam waktu lama dan mengisi energi yang hilang.

Ilustrasi Susu (Pixabay/Couleur)
Ilustrasi Susu (Pixabay/Couleur)

Lalu, apa yang terjadi jika mengonsumsi pisang dan susu bersamaan?

Kombinasi pisang dan susu mungkin terlihat ideal. Tetapi, konsumsi keduanya bersamaan bisa mengganggu pencernaan.

Menurut penelitian, mengonsumsi pisang dan susu bersama-sama tidak hanya mengganggu sistem pencernaan tetapi juga sinus Anda.

Kombinasi pisang dan susu bisa menyebabkan sinus tersumbat, dingin, batuk dan alergi lainnya seperti ruam pada tubuh. Namun, banyak orang justru menduga konsumsi keduanya bersamaan bisa mengatasi masalah pencernaan.

Menurut teori Ayuverdic, konsumsi pisang dan susu bersamaan bisa menyebabkan keracunan dalam tubuh yang akan mengganggu berbagai fungsi tubuh.

Selain itu, Ayuverda juga menyatakan bahwa pisang susu bisa menyebabkan kenaikan berat badan parah dan memperlambat aktivitas otak.

Solusinya, konsumsi pisang dan susu secara terpisah. Setidaknya, Anda bisa mengonsumsi pisang setelah 20 menit minum susu. Anda juga bisa menambahkannya ke dalam yogurt, yang merupakan produk susu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS