Ikuti Pijatan Perut 2 Menit untuk Atasi Masalah Pencernaan, Coba Sekarang!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Ikuti Pijatan Perut 2 Menit untuk Atasi Masalah Pencernaan, Coba Sekarang!
Ilustrasi memijat perut (shutterstock)

Masalah pencernaan yang mengganggu aktivitas tidak selalu diatasi dengan obat, tetapi juga bisa melalui pijatan perut selama 2 menit.

Suara.com - Ada banyak masalah pencernaan yang bisa mengganggu aktivitas sehari-sehari. Biasanya, masalah pencernaan bisa disertai dengan flu, demam hingga kram pramenstruasi.

Masalah pencernaan juga bisa terjadi ketika tekanan menumpuk di perut. Jadi, kondisi ini menyebabkan perut kembung dan sendawa.

Penyebab utama gangguan pencernaan, dilansir dari Times of India, salah satunya ketika Anda makan terlalu banyak dan cepat.

Kondisi ini bisa menciptakan celah di tenggorokan. Karena itu, Anda selalu disarankan untuk makan lebih lambat, sehat dan tidak berlebihan.

Kebanyakan orang akan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit ketika merasa ada yang tak beres dengan pencernaannya, seperti menimbulkan rasa sakit yang menggeram atau lebih buruk layaknya sembelit.

Ilustrasi Orang Sakit Perut. (Shutterstock)
Ilustrasi Orang Sakit Perut. (Shutterstock)

Bahkan seseorang mungkin akan meninggalkan pekerjaannya ketika mengalami masalah pencernaan. Padahal masalah pencernaan ini bisa diatasi dengan cara memijat diri sendiri selama 2 menit.

Menurut para ahli gizi, cara makan yang ideal adalah melatih untuk melahapnya lebih lambat dan menikmati setiap gigitan yang mengandung nutrisi.

Ketika Anda stres atau tegang, Anda akan makan lebih cepat dan menghirup lebih banyak udara. Hal ini bisa menyebabkan radang perut dan usus yang berbahaya untuk pencernaan.

Pijat perut sederhana ini pun bisa dilakukan setiap hari sebelum dan sesudah makan untuk membantu melakukan banyak hal.

Adapun cara memijat perut untuk mengatasi masalah pencernaan selama 2 menit.

  1. Berbaringlah di lantai atau matras yoga untuk persiapan memijat.
  2. Letakkan kedua tangan di atas perut dan mulailah memijat dengan cara melingkar. Lakukan gerakan memijat perut ini searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam.
  3. Tarik dan buang napas selama proses memijat perut.
  4. Beri sedikit tekanan pada area perut atau pencernaan yang terasa sakit, tetapi tetaplah memijat dalam kondisi rileks.
  5. Pastikan Anda juga minum banyak air setiap harinya, yakni minimal 6 gelas sehari untuk mencegah masalah terkait perut kembung dan masalah pencernaan lainnya.

Selamat mencoba!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS