Rutin Minum Kopi Bagus untuk Kesehatan Tulang, Ini Temuan Peneliti!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Rutin Minum Kopi Bagus untuk Kesehatan Tulang, Ini Temuan Peneliti!
Ilustrasi kopi luwak. (Sumber: Shutterstock)

Peneliti menemukan minum kopi baik untuk kepadatan tulang dan menurunkan risiko kematian akibat sakit jantung.

Suara.com - Kopi termasuk minuman yang banyak disukai orang. Tetapi, banyak orang mengira kebiasaan minum kopi sangat tidak baik untuk kesehatan, terutama penderita darah tinggi.

Padahal minum kopi tidak selalu buruk untuk kesehatan. Banyak orang minum kopi untuk membuat mereka lebih segar dan berenergi untuk menjalani aktivitas.

Bahkan penelitian baru yang dilansir oleh World of Buzz, minum kopi memiliki manfaat kesehatan tambahan yang memperkuat tulang Anda.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Hong Kong telah meriset 564 orang dewasa di China dalam studi osteoporosis. Para ilmuwan ini membandingkan kepadatan mineral tulang peminum kopi dengan mereka yang tidak.

Hasilnya, para peneliti terkejut bahwa peminum kopi memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih kuat dibandingkan orang yang tidak pernah minum kopi.

Ilustrasi kopi. (Dok : Istimewa)
Ilustrasi kopi. (Dok : Istimewa)

Berdasarkan penelitian ini, mereka menemukan bahwa ada 3 molekul yang terkait dengan minum kopi dan kepadatan tulang. Tiga molekul ini termasuk quinasi, 3-hydroxypyridine sulfate dan trigonelline.

Meski begitu, penelitian ini masih menimbulkan keraguan karena baru dilakukan dalam ruang lingkup kecil dan hanya melibatkan orang-orang peminum kopi.

Manfaat kesehatan minum kopi hampir semuanya bersifat preventif. Namun, para ahli mengatakan bahwa hasilnya cukup kuat untuk menyimpulkan bahwa kopi baik untuk kesehatan tulang.

"Bagi orang yang khawatir tentang efek kesehatan minum kopi, nampaknya ini merupakan hal baik. Karena minum kopi justru baik untuk kesehatan tulang," kata Chad Deal dari Cleveland Clinic.

Sebelumnya, penelitian lain juga menunjukkan bahwa kopi bermanfaat untuk kesehatan. Sebuah studi National Institutes of Health 2012 pada lebih dari 400 ribu orang di Amerika, menyatakan mereka yang minum kopi memiliki risiko kematian lebih rendah.

Risiko kematian lebih rendah di antara mereka, termasuk disebabkan oleh penyakit tidak menular seperti jantung, stroke dan diabetes.

Studi yang melibatkan lebih dari 500 ribu orang Eropa tahun 2017 juga menyimpulkan hal sama. Orang yang minum 3 sampai 4 cangkir kopi sehari mungkin 19 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena penyakit jantung.

Tampaknya, kopi bisa membantu meningkatkan fungsi pembangkit tenaga sel dalam tubuh kita dan mencegah masalah kesehatan. Tapi, ini bukan berarti Anda hanya akan duduk menikmati kopi tanpa beraktivitas.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS