alexametrics

Dokter Kulit Peringatkan soal Covid Toe, Dugaan Gejala Baru Corona Covid-19

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Dokter Kulit Peringatkan soal Covid Toe, Dugaan Gejala Baru Corona Covid-19
Ilustrasi kaki (shutterstock)

Dokter kulit memeringatkan bahwa banyak pasien mengalami lesi merah di jari kaki selama wabah sehingga mereka mengingatkan soal Covid toe.

Suara.com - Lindy Fox, seorang dokter kulit di San Francisco biasa menemui 4 hingga 5 pasien dengan kondisi lesi merah atau ungu di jari tangan dan kakinya selama musim dingin, sebelum wabah virus corona Covid-19.

Namun, beberapa minggu terakhir ini, Lindy Fox mendapati pasien dengan keluhan lesi menyakitkan di jari kaki jauh lebih banyak dari sebelumnya.

"Saya memiliki klinik yang dibanjiri oleh pasien dengan keluhan lesi di jari-jari kaki. Bahkan banyak pasien yang sebelumnya tidak menderita chilblains (lesi di kaki)," jelas Lindy Fox yang yang berpraktik di University of California, San Francisco, dikutip dari New York Times.

Lindy Fox juga menilai sekarang ini bukan musimnya orang mengalami peradangan pembuluh darah kecil sebagai reaksi terhadap kondisi dingin atau lembab. Mengingat, lesi merah di kaki dan tangan ini biasa muncul saat musim dingin.

Baca Juga: Wanita Ini Minum Sperma demi Cegah Virus Corona Covid-19, Begini Kata Ahli!

Selain Lindy Fox, Dr Esther Freeman, direktur dermatologi kesehatan global di Rumah Sakit Umum Massachusetts mengatakan bahwa kliniknya juga penuh dengan pasien berkeluhan lesi merah di jari kaki.

Ilustrasi kaki (Shutterstock)
Ilustrasi kaki (Shutterstock)

"Saya merasa perlu memiliki klinik khusus untuk menangani pasien dengan keluhan lesi kaki," ujar Esther Freeman.

Lesi merah di kaki ini pun berpotensi diduga sebagai gejala infeksi virus corona Covid-19. Hal itu seperti tanda-tanda ringan lainnya, yakni kebingungan, kelelahan hingga hilangnya indera penciuman.

Pejabat kesehatan federal memang tidak memasukkan lesi jari kaki dalam daftar gejala virus corona Covid-19. Tetapi, beberapa dokter kulit mendorong bahwa lesi merah di kaki atau covid toe sebagai salah satu gejalanya.

Beberapa makalah medis di Spanyol, Belgia dan Italia juga menggambarkan adanya lonjakan pasien yang mengeluhkan lesi merah menyakitkan pada jari kaki, tumit dan telapak kaki.

Baca Juga: Update Virus Corona Covid-19 Global 4 Mei 2020: Total Kasus Capai 3,5 Juta

Sebagian besar kasus, kondisi ini termasuk pada anak-anak, remaja dan dewasa muda. Beberapa ahli juga mengatakan kondisi ini mungkin merupakan respons kekebalan terhadap virus.

Komentar