alexametrics

Anak Berkebutuhan Khusus Juga Harus Diajarkan Cara Menjaga Kebersihan Gigi

Vania Rossa | Lilis Varwati
Anak Berkebutuhan Khusus Juga Harus Diajarkan Cara Menjaga Kebersihan Gigi
Mengajarkan anak cara menjaga kebersihan gigi. (Shutterstock)

Meski cara menjaga kesehatan gigi untuk setiap anak sama saja, tapi untuk anak berkebutuhan khusus harus lebih ekstra dan spesifik.

Suara.com - Pada dasarnya, cara menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk setiap orang sama saja, yaitu dengan menyikat gigi dua kali sehari. Sejak usia anak-anak, sebaiknya mereka telah diajarkan cara menyikat gigi yang benar dan teratur.

Bagi orangtua yang memiliki anak dengan tumbuh kembang normal, mungkin tidak terlalu sulit mengajarkan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tapi belum tentu bagi orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

"Mengajarkan kebersihan gigi kepada anak-anak berkebutuhan khusus umumnya sama. Hanya lebih estra dan spesifik," kata dokter gigi Anggi Pratiwi dalam siaran langsung melalui akun Facebook Listerine Indonesia, Kamis (14/5/2020).

Anggi menyarankan, sikat gigi yang digunakan sebaiknya pilih yang berbulu halus agar tidak membuat gusi sakit. Kehadiran oangtua tentu sangat dibutuhkan untuk mendampingi anak berkebutuhan khusus saat mereka akan menyikat gigi.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Selama di Rumah Aja

"Posisi orangtua harus di belakang anak saat mengajarkan menyikat gigi. Jadi harus memeluk. Kita harus betul-betul ada di belakang mereka," katanya.

Mengatur makanan yang dikonsumsi juga menjadi bagian dari cara menjaga kesehatan gigi, imbuh Anggi. Terlalu sering makan makanan manis tentu mudah membuat gigi berlubang. Meski begitu, ia menyarankan untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak.

Komentar