Positif Covid-19, Gadis 12 Tahun Kena Serangan Jantung Tapi Selamat!

M. Reza Sulaiman | Rosiana Chozanah
Positif Covid-19, Gadis 12 Tahun Kena Serangan Jantung Tapi Selamat!
Ilustrasi sakit positif covid-19. (Shutterstock)

Gadis ini hampir saja meninggal akibat mengalami sindrom pasca-virus corona. Apa gejalanya?

Suara.com - Ketika Sean Daly melihat bibir putrinya, Juliet, telah membiru dan anggota tubuhnya dingin, dia tahu bahwa buah hatinya sedang tidak terserang flu biasa.

Kemudian, pada hari itu juga, jantung Juliet berhenti berdetak di ruang gawat darurat dan dokter harus melakukan CPR untuk menghidupkan kembali anak 12 tahun itu.

Setelah diperiksa, Juliet ternyata mengalami sindrom inflamasi multisistem (MISC), suaru kondisi yang menurut para ahli langka terjadi pada anak yang terinfeksi virus corona.

Pakar kesehatan Eropa dan Amerika Serikat baru-baru ini melaporkan kasus serupa. Gubernur New York Andrew Cuomo mengatakan departemen kesehatannya sedang menyelidiki lebih dari 100 kemungkinan kasus sindrom inflamasi multisistem.

Dilansir CNN Internasional, sindrom ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan, menyebabkan peradangan di seluruh tubuh. Ini memengaruhi beberapa organ, termasuk jantung, hati dan ginjal, serta semua sel tubuh.

Juliet Daly saat dirawat di rumah sakit (YouTube/CNN)
Juliet Daly saat dirawat di rumah sakit (YouTube/CNN)

Juliet Nyaris Meninggal

Setelah mengalami serangan jantung, Juliet dipindahkan ke Rumah Sakit Ochsner untuk Anak-anak, di mana ia harus tetap menggunakan ventilator.

Dr. Jake Kleinmahon, seorang ahli jantung anak di Rumah Sakit Anak Ochsner di New Orleans dan yang menangani Juliet, mengatakan gadis itu hampir meninggal ketika ia baru pertama kali dilarikan ke rumah sakit.

Orang tuanya mengira kondisi Juliet berkaitan dengan virus corona, tetapi tidak yakin karena menganggap Covid-19 lebih umum pada orang dewasa.

Juliet Daly saat dirawat di rumah sakit (YouTube/CNN)
Juliet Daly saat dirawat di rumah sakit (YouTube/CNN)

Beberapa anak mengembangkan MICS setelah sembuh dari Covid-19, tetapi Kleinmahon mengatakan belum ada yang bisa meyakinkan bahwa dua kondisi tersebut berkaitan.

Juliet mulai dapat bernapas sendiri setelah empat hari menggunakan ventilator dan jantungnya serta organ-organ lainnya telah pulih, ia pun dikeluarkan dari rumah sakit pada 15 April.

"Ketika ia pertama kali bangun, dia ingin air dan kemudian ingin istri saya memberi tahu gurunya bahwa dia ada di rumah sakit," kata Daly.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS