9 Fakta Unik dan Aneh Tentang Testis Para Lelaki, Wajib Baca!

M. Reza Sulaiman | Frieda Isyana Putri
9 Fakta Unik dan Aneh Tentang Testis Para Lelaki, Wajib Baca!
Fakta unik tentang testis lelaki. (Shutterstock)

Ada banyak fakta mengenai testis milik lelaki tersebut yang mungkin bahkan tidak diketahui oleh pemiliknya.

Suara.com - Buah zakar atau testis mungkin lebih banyak diketahui sebagai pabrik sperma. Di sisi lain, ada banyak fakta mengenai satu bagian vital dari lelaki tersebut yang mungkin bahkan tidak diketahui oleh pemiliknya.

Dikutip dari Health.com, testis sering dilupakan dalam kesehatan reproduksi dan seksual pada lelaki. Kebanyakan hanya difokuskan pada seputar penis saja.

Oleh karena itu, ada 9 fakta yang bisa Anda ketahui soal testis pada lelaki, seperti berikut ini:

1. Testis adalah pabrik sperma

Satu fakta yang sudah pasti diketahui, testis memproduksi sekitar 1.500 sperma tiap detik, yang berarti total 130 juta sperma dalam sehari. Tiap lelaki berbeda dan hitungan spermanya juga bisa beragam, tapi umumnya sepasang testis memproduksi jutaan sperma tiap harinya.

Uniknya hanya dibutuhkan satu sperma untuk membuahi sel telur perempuan, namun rata-rata ejakulasi mengandung sekitar 40-130 juta sperma. Apabila sperma tidak dikeluarkan melalui ejakulasi, mereka akan diserap kembali ke dalam tubuh.

2. Suhunya 5 derajat lebih dingin dari seluruh bagian tubuh

Berada di luar tubuh tentu membuat alat reproduksi lelaki sangat rentan akan kontak dari luar. Untuk melindungi kualitas sperma, suhu testis selalu berada 5 derajat di bawah seluruh bagian tubuh lainnya.

Otot pada skrotum atau kantung berkeriput yang membungkus testis berperan sebagi pengendali suhu untuk testis dengan menggerakkan mereka mendekati atau menjauhi tubuh ketika suhu udara naik atau turun.

Misalnya ketika testis menjadi dingin, skrotum akan berkontraksi dan menarik testis mendekati tubuh agar menjadi lebih hangat. Apabila terlalu panas, skrotum akan rileks dan melonggarkan testis.

3. Satu testis lebih rendah dari lainnya

Biasanya, testis sebelah kiri lebih pendek daripada testis sebelah kanan. Hal ini agar suhu pada satu testis bisa berubah tanpa mengenai testis lain, yang bisa terjadi apabila mereka bersentuhan.

Dengan cara ini, tubuh bisa menaikkan atau menurunkan suhu satu testis tanpa memengaruhi suhu lainnya. Dan juga normal bagi lelaki untuk memiliki satu testis yang lebih besar, biasanya yang kanan lebih besar daripada yang kiri.

Selanjutnya

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS