Konsumsi Delima, yuk! Mampu Turunkan Kolesterol dan Risiko Penyakit Jantung

Rima Sekarani Imamun Nissa, Fita Nofiana

Kamis, 09 Juli 2020 | 19:40 WIB
Konsumsi Delima, yuk! Mampu Turunkan Kolesterol dan Risiko Penyakit Jantung
Ilustrasi delima bagus untuk kesehatan paru-paru karena mengandung banyak antioksidan. (shutterstock)

Suara.com - Kolesterol tinggi adalah bagian dari kondisi tanpa gejala yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Tetapi kondisi ini bisa dihentikan dengan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang menyehatkan.

Makanan yang baik untuk mengontrol kadar kolesterol Anda adalah jus buah delima

Dilansir dari Express, sebuah studi melihat efek jus delima pada orang dengan diabetes tipe 2 dan kolesterol tinggi. Mereka mencatat penurunan yang signifikan dalam kolesterol jahat (LDL).

Kolesterol LDL berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung karena menempel di bagian dalam dinding arteri.

Buah delima. (Shutterstock)

Jus delima juga disebut mampu melindungi partikel kolesterol LDL dari oksidasi, salah satu kondisi menuju menuju penyakit jantung.

Mendukung klaim tersebut,  jus delima juga telah terbukti menurunkan trigliserida, jenis lemak lain yang ditemukan dalam darah yang dapat menyumbat pembuluh darah jika terlalu banyak.

Sebuah studi empat minggu pada 51 orang dengan kadar trigliserida tinggi menunjukkan bahwa konsumsi 800 mg minyak biji delima per hari secara signifikan menurunkan trigliserida dan meningkatkan rasio trigliserida-HDL.

HDL (kolesterol baik) melindungi terhadap penyakit jantung dengan mengeluarkan kolesterol jahat dari darah dan mencegahnya menumpuk di arteri.

Kesehatan jantung. (Shutterstock)
Kesehatan jantung. (Shutterstock)

Terlebih lagi, sebuah analisis penelitian menyimpulkan bahwa jus delima mengurangi tekanan darah tinggi, faktor risiko utama penyakit jantung.

baca juga

Saran National Health Service (NHS) Inggris, untuk memaksimalkan manfaat jantung sehat dari meminum jus delima, Anda harus mengombinasikannya dengan diet rendah lemak dan tinggi serat.

Ini harus mencakup banyak buah dan sayuran segar dan serealia utuh.

"Anda harus membatasi jumlah garam yang Anda makan hingga tidak lebih dari enam gram (0,2 oz) sehari karena terlalu banyak garam akan meningkatkan tekanan darah Anda," saran NHS

Anda juga harus melakukan olahraga teratur untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Salut, Gen Z Lebih Peduli dengan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

Salut, Gen Z Lebih Peduli dengan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

Health | Rabu, 08 Juli 2020 | 11:35 WIB

Ngeri, Begini Dampak Kebanyakan Konsumsi Gula Pada Jantung

Ngeri, Begini Dampak Kebanyakan Konsumsi Gula Pada Jantung

Health | Selasa, 07 Juli 2020 | 17:38 WIB

Rutin Bersepeda saat Pandemi, Pria Perlu Waspada Soal Kesehatan Seksual

Rutin Bersepeda saat Pandemi, Pria Perlu Waspada Soal Kesehatan Seksual

Health | Senin, 06 Juli 2020 | 13:12 WIB

Terkini

Rupiah Kembali Melemah, Investor Tunggu Inflasi AS dan Pengumuman MSCI

Rupiah Kembali Melemah, Investor Tunggu Inflasi AS dan Pengumuman MSCI

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 15:42 WIB

Hanya 12 Hari! Spider-Man Brand New Day Sukses Raup Rp29,5 Triliun

Hanya 12 Hari! Spider-Man Brand New Day Sukses Raup Rp29,5 Triliun

Your Say | Rabu, 12 Agustus 2026 | 15:35 WIB

Bukan Sekadar Ikut Tren: Memaknai Kemerdekaan Digital Gen Z di Tengah Gempuran FOMO

Bukan Sekadar Ikut Tren: Memaknai Kemerdekaan Digital Gen Z di Tengah Gempuran FOMO

Your Say | Rabu, 12 Agustus 2026 | 15:31 WIB

Pemerintah Masih Pelajari Mekanisme Refund untuk Konsumen Beras Fortifikasi

Pemerintah Masih Pelajari Mekanisme Refund untuk Konsumen Beras Fortifikasi

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 15:26 WIB

BTN Gandeng Universitas Negeri Semarang Hadirkan KTM Co-Branding untuk 12.000 Mahasiswa Baru

BTN Gandeng Universitas Negeri Semarang Hadirkan KTM Co-Branding untuk 12.000 Mahasiswa Baru

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 15:25 WIB

Bunga PNM Mekaar Dipangkas dari 20% Jadi 8%, Berlaku September 2026

Bunga PNM Mekaar Dipangkas dari 20% Jadi 8%, Berlaku September 2026

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 15:23 WIB

Negosiasi dengan AS Masih Berlangsung, Indonesia Minta Tarif Lebih Kecil

Negosiasi dengan AS Masih Berlangsung, Indonesia Minta Tarif Lebih Kecil

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 15:20 WIB

Massa Geruduk Rumah MC yang Kasih Tantangan Hafalan Surah Ad-Dhuha Berhadiah Miras

Massa Geruduk Rumah MC yang Kasih Tantangan Hafalan Surah Ad-Dhuha Berhadiah Miras

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 15:16 WIB

Kita Bertengkar dengan Sesama, Padahal yang Harus Ditagih adalah Negara

Kita Bertengkar dengan Sesama, Padahal yang Harus Ditagih adalah Negara

Your Say | Rabu, 12 Agustus 2026 | 15:15 WIB

10 Cara Mengatasi Flek Hitam Melasma akibat Efek Samping KB

10 Cara Mengatasi Flek Hitam Melasma akibat Efek Samping KB

Lifestyle | Rabu, 12 Agustus 2026 | 15:15 WIB

×