Penjara AS Tingkatkan Risiko Penularan Virus Corona, ini Temuan Ahli

Angga Roni Priambodo | Shevinna Putti Anggraeni
Penjara AS Tingkatkan Risiko Penularan Virus Corona, ini Temuan Ahli
Ilustrasi penjara (Unsplash.com/Matthew Ansley)

Sebuah penelitian menemukan bahwa penularan virus corona Covid-19 di AS lebih rentan terjadi di penjara.

Suara.com - Sistem penjara di Amerika Serikat (AS) bisa memberikan dampak buruk yang signifikan dalam pandemi virus corona Covid-19. Karena, penjara AS bisa meningkatkan infeksi dan kematian akibat Covid-19 lebih tinggi.

"Jumlah penghuni penjara AS yang dites positif Covid-19 adalah 5,5 kali lebih tinggi daripada populasi AS secara umum," menurut sebuah analisis oleh para peneliti di Sekolah Kesehatan Publik Johns Hopkins Bloomberg dikutip dari CNN.

Studi yang diterbitkan sebagai surat penelitian di JAMA, menganalisis kasus dan kematian dari 31 Maret hingga 6 Juni 2020 menggunakan data yang tersedia untuk umum dari situs web departemen koreksi.

Para peneliti mengatakan tingkat infeksi di penjara AS adalah 3.251 per 100.000 penduduk. Sementara itu, tingkat populasi umum adalah sekitar 587 kasus per 100.000 penduduk.

Analisis umum menemukan tingkat kematian akibat Covid-19 di penjara itu 3 kali lebih tinggi pada 39 kematian per 100.000 tahanan, dibandingkan dengan 29 kematian per 100.000 pada populasi umum.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

"Meskipun angka-angka ini sangat mencolok, kami berpikir bahwa perbedaan dalam penjara jauh lebih besar," kata pemimpin penulis Brendan Saloner, seorang profesor di Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan di Sekolah Bloomberg.

Bahkan, Saloner mengatakan beberapa penjara AS tidak melaporkan adanya kasus virus corona dan lebih buruknya tidak ada yang menguji kondisi tahanan.

Saat pandemi virus corona ini berkembang, para pejabat di seluruh AS telah mengidentifikasi penjara sebagai hotspot virus corona Covid-19 utama.

Pada minggu-minggu pertama pandemi ini, banyak negara bagian melepaskan pelanggar tanpa kekerasan dan membiarkan narapidana lain mendekati akhir masa hukumannya lebih awal dalam upaya membendung gelombang infeksi.

Wabah virus corona Covid-19 sendiri meningkat di penjara-penjara California. Karena, lebih dari 2.200 narapidana terinfeksi, dengan lebih dari setengahnya di satu fasilitas di Penjara Negara San Quentin.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS