5 Cara Hindari Paparan Virus Corona yang Melayang di Udara

Vania Rossa | Lilis Varwati
5 Cara Hindari Paparan Virus Corona yang Melayang di Udara
Ilustrasi virus corona melayang di udara. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

WHO telah mengonfirmasi bahwa virus corona melayang di udara (airborne).

Suara.com - Seiring mencuatnya informasi terkait penularan virus corona yang melalui di udara (airbone), dan telah dikonfirmasi oleh WHO, masyarakat diminta melakukan cara khusus untuk menghindarinya.

Tim Komunikasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro menyampaikan ada lima cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko penularan virus corona di ruang tertutup yang ber-AC.

"Pertama, ventilasi atau sirkulasi udara harus benar-benar diperhatikan. Maka pastikan ruang kerja atau tempat beraktivitas memiliki sirkulasi udara yang baik dan mendapatkan sinar matahari," kata Reisa saat konferensi virtual BNPB, Selasa (14/7/2020).

Menurutnya, solusi komprehensif dalam menata ruang beraktivitas sangat penting dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan.

Kemudian cara kedua, yaitu tetap jaga jarak di dalam ruangan dan hindari ruangan yang telalu banyak orang.

"Ketiga, selalu gunakan masker selama masih di luar rumah atau tempat umum, termasuk di ruangan kantor," ujarnya.

Ia mengingatkan, agar pemakaian masker harus digunakan dengan benar. Pastikan hanya memegang tali saat melepas masker dan tidak menurunkannya di dagu. Reisa juga mengatakan bahwa masker kain harus rutin diganti setiap empat jam sekali.

"Ini penting untuk menghindari infeksi kuman. Maka semua wajib menggunakan masker meski tidak memiliki gejala sakit atau merasa sehat," ujarnya.

Cara keempat, hindari memegang permukaan benda yang kotor atau digunakan bersama. Apabila terlanjur memegang, segera cuci tangan dengan sabun dan air atau pakai hand sanitizer.

Mantan Puteri Indonesia itu menegaskan, jangan pernah menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan. Ia menyampaikan bahwa mata juga mempunyai sambungan yang langsung ke saluran napas. Artinya, mata bisa jadi jalur masuk virus SARS COV-2 yang menjadi penyebab Covid-19.

"Terakhir, bersihkan pemukaan benda yang ada di sekitar dengan disinfektan," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS