Wajib Tahu, Ini 7 Hal Sepele yang Bisa Timbulkan Masalah pada Vagina

Bimo Aria Fundrika
Wajib Tahu, Ini 7 Hal Sepele yang Bisa Timbulkan Masalah pada Vagina
Ilustrasi masalah pada vagina.

Menurut D. Pratima Thamke, dokter kandungan dan ginekolog di Motherhood Hospital, Pune, menyabuninya adalah kesalahan paling umum yang sering dilakukan perempuan.

Suara.com - Banyak yang percaya bahwa vagina adalah organ yang mampu membersihkan diri. Meskipun anggapan itu benar, ia masih membutuhkan perawatan.

Namun, banyak perempuan membuat banyak kesalahan kebersihan yang dapat berakhir dengan masalah di vagina.

Menurut D. Pratima Thamke, dokter kandungan dan ginekolog di Motherhood Hospital, Pune, menyabuninya adalah kesalahan paling umum yang dilakukan perempuan dalam menjaga kebersihan vagina.

"Anda pikir Anda mungkin menjaganya tetap bersih, tetapi Anda mengganggu seluruh bioma vagina Anda dengan membunuh bakteri baik itu," jelasnya.

Baca Juga: Cara Mudah Kencangkan Vagina Usai Melahirkan, Coba Yuk!

Namun terlepas dari douching, Dr. Thamke membahas tujuh kesalahan lagi yang memengaruhi vagina kita:

1. Menyentuhnya dengan tangan kotor

Ilustrasi masturbasi.[Dainis Graveris/Pexels]
Ilustrasi masturbasi.[Dainis Graveris/Pexels]

Cuci tangan Anda sebelum menyentuh organ intim Anda. Tangan yang kotor berarti undangan terbuka untuk bakteri dan virus yang dapat merusak flora vagina.

2. Tidak kencing setelah berhubungan seks
Kencing setelah berhubungan seks tidak hanya akan mengurangi peluang terkena ISK atau infeksi saluran kemih, tetapi juga membersihkan bakteri yang mungkin tertinggal di vagina Anda.

“Semen bersifat alkali dan mungkin mengubah mekanisme perlindungan vagina Anda. Karena itu, disarankan untuk buang air kecil setelah berhubungan seks dan bersihkan dengan lembut, ”jelasnya.

Baca Juga: Heboh Alat Sikat Vagina, Dokter: Tidak Perlu dan Berbahaya

3. Makan terlalu banyak gula
“Gula yang tidak diolah adalah musuh bagi kesehatan vagina Anda karena dapat menyebabkan infeksi jamur. Jika Anda penderita diabetes, maka Anda harus lebih berhati-hati, ”sarannya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS