Pusar Bau Tidak Sedap, Awas Tanda Penyakit Kista

Bimo Aria Fundrika
Pusar Bau Tidak Sedap, Awas Tanda Penyakit Kista
Ilustrasi pusar [shutterstock]

Kotoran, bakteri, dan kuman lain bisa terkumpul di area berlubang ini.

Suara.com - Sadar atau tidak, pusar seringkali menimbulkan bau tidak sedap ketika tidak sengaja tercium. Tentunya, banyak orang bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi.

Penjelasan paling sederhana untuk bau kancing perut adalah masalah kebersihan. Kotoran, bakteri, dan kuman lain bisa terkumpul di area berlubang ini. Lekukan kecil kemungkinan akan mengumpulkan kotoran dan puing jika Anda tidak menjaganya tetap bersih.

Tali pusat atau tali pusar. (Shutterstock)
Ilustrasi pusar. (Shutterstock)

Terkadang pusar yang bau bisa menjadi tanda dari suatu kondisi yang membutuhkan perhatian medis, seperti infeksi atau kista. Dilansir dari Healthline, penyebab pusar bau dapat berkisar dari kebersihan yang buruk hingga infeksi.

Pusar Anda memiliki ekosistem kecilnya sendiri. Para peneliti telah menemukan bahwa pusar kita mungkin menjadi rumah bagi hampir 70 jenis bakteri yang berbeda. Jamur dan kuman lainnya juga bisa terperangkap di dalam daerah pusar.

Kuman ini memakan minyak, kulit mati, kotoran, keringat, dan kotoran lain yang terjebak di pusar Anda. Kemudian mereka berkembang biak.

Bakteri dan kuman lain menciptakan bau tidak sedap, seperti halnya bau ketiak saat Anda berkeringat. Semakin dalam pusar Anda, semakin banyak kotoran dan kuman yang bisa menumpuk di dalamnya.

Hasil dari campuran bakteri, kotoran, dan keringat ini adalah bau yang tidak sedap. Kabar baiknya adalah mudah untuk mengatasi bau dengan beberapa kebiasaan kebersihan yang baik.

Selain itu bau tidak sedap juga bisa jadi tanda infeksi. Candida adalah sejenis ragi yang suka tumbuh di lingkungan gelap, hangat, dan lembab, seperti selangkangan dan ketiak.

Pusar Anda juga menyediakan habitat yang sempurna untuk makhluk kecil ini, terutama jika Anda tidak menjaganya tetap bersih. Anda lebih mungkin terkena infeksi jamur jika Anda menderita diabetes mellitus.

Diabetes mellitus adalah penyakit dengan kadar gula darah di atas normal (hiperglikemia), dan hiperglikemia ini mengurangi kemampuan sistem kekebalan Anda untuk melawan infeksi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS