Kenali 3 Kondisi Langka Ini, Penderita Punya Daya Ingat dan Kekuatan Super

Irwan Febri Rialdi | Fita Nofiana
Kenali 3 Kondisi Langka Ini, Penderita Punya Daya Ingat dan Kekuatan Super
Ilustrasi otot kuat. (Shutterstock)

Beberapa kondisi kesehatan langka malah membuat penderitanya tak mengenal rasa sakit dan berkekuatan super.

Suara.com - Kondisi kesehatan yang langka pada umumnya membuat tubuh menjadi lebih lemah. Namun, beberapa kelainan langka malah membuat penderitanya mirip tokoh di film-film fiksi ilmiah.

Dihimpun dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa kelainan langka yang memberikan 'kekuatan' super pada para penderitanya, antara lain:

Hyperthymesia

Kondisi hyperthymesia juga sering kali disebut dengan highly superior autobiographical memory (HSAM). Melansir dari Medical News Today, sebuah studi 2017 menyatakan bahwa penderita hyperthymesia dapat dengan akurat dan mudah mengingat banyak detail tentang peristiwa yang telah terjadi dalam hidup mereka. Bahkan mereka akan mengingat tanggal hingga jam pasti kejadian yang telah lama terjadi.

Baca Juga: Idap Penyakit Langka, Feses Wanita Ini Berwarna Perak!

Detail ini dapat mencakup informasi rumit tentang pengalaman sebelumnya. Menurut Jamaicah Hospital, di dunia baru tercatat sehitar 61 orang yang mengalami kelainan ini.

Orang dengan HSAM kemungkinan besar memproses ingatan jangka pendek dengan cara yang mirip dengan kebanyakan orang lain. Namun, orang-orang ini memiliki ingatan jangka panjang yang jauh lebih baik.

ilustrasi anak jenius

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyebab hyperthymesia mungkin bersifat biologis, genetik, atau psikologis. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang menyebabkan hyperthymesia.

Congenital Insensitivity to Pain with Anhidrosis (CIPA)

Orang dengan CIPA tidak akan merasakan sakit meskipun dipukul atau ditusuk sekalipun. Hal ini yang membuat mereka sering kali mengalami patah tulang hingga cidera parah tanpa diketahui.

Baca Juga: Ratusan Sindrom Langka Terjadi Pada Anak-anak, Gara-gara Covid-19?

Mereka bahkan bisa melukai bibir dengan tidak sengaja menggigitnya terlalu keras karena tidak merasakan nyeri.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS