Luna Maya Alami Cedera Patah Tulang Metatarsal, Kondisi Apa Itu?

Risna Halidi
Luna Maya Alami Cedera Patah Tulang Metatarsal, Kondisi Apa Itu?
Aktris Luna Maya berpose didepan kamera saat ditemui di Kawasan Setia Budi, Jakarta Selatan, Senin (24/8). [Suara.com/Alfian Winanto]

Aktris Luna Maya diketahui mengalami patah tulang metatarsal atau metatarsal fracture. Masalah kesehatan apa lagi nih?

Suara.com - Luna Maya diketahui tengah mengalami masalah patah tulang metatarsal atau metatarsal fracture. Hal tersebut diketahui berkat unggahan penyanyi Ari Lasso di Instagram pribadi miliknya.

"GWS Kak @lunamaya yang lagi cedera metatarsal fracture. Dikarenakan kisah dan kejadian yang kurang keren LOL," tulis Ari Lasso. Hanya saja, Ari Lasso tidak menjelaskan secara mendetail mengenai penyebab Luna Maya sampai mengalami cedera yang cukup parah.

Unggahan Ari Lasso [Instagram/@ari_lasso]
Unggahan Ari Lasso [Instagram/@ari_lasso]

Metatarsal sendiri merupakan tulang panjang yang berada di kaki yang menghubungkan pergelangan kaki ke jari-jari kaki. Jumlah tulang metatarsal ada lima pada setiap kaki.

Sementara dikutip Suara.com dari physio-pedia.com, metatarsal fracture atau patah tulang metatarsal adalah patah tulang lengkap atau tidak lengkap pada salah satu dari lima tulang metatarsal di setiap kaki. Tulang tipis panjang ini terletak di antara jari kaki dan pergelangan kaki (antara tulang tarsal di kaki belakang dan falang di kaki depan).

Baca Juga: Istri Pukuli Suami hingga Patah Tulang karena Tolak Makan Masakannya

Ditulis, cedera metatarsal sering terjadi pada kondisi akut dan kronis. Cedera metatarsal juga merupakan kondisi paling umum dari patah tulang di kerangka manusia. Kondisi cedera ini sangat umum pada atlet terutama pada pelari.

Patah tulang metatarsal dapat terjadi baik karena trauma langsung maupun tidak langsung. Trauma langsung sering terjadi pada pekerja industri yang tertiban benda berat jatuh di kaki. Sementara trauma tidak langsung terjadi ketika kaki belakang terpelintir sementara kaki depan tetap pada posisi.

Masih dikutip dari sumber yang sama, patah tulang metatarsal terjadi karena cedera supinasi sebesar 48 persen; jatuh dari ketinggian sebesar 26 persen; dan cedera akibat benturan sebesar 12 persen.

Beberapa gejala terjadinya patah tulang metatarsal adalah adanya pembengkakan yang menyakitkan
bagian trapje yang teraba serta yeri tekanan aksial. Pasien metatarsal fracture seperti Luna Maya mengeluhkan nyeri saat untuk berdiri dan menahan beban. Kaki depan bengkak dan adanya risiko dislokasi jari kaki tambahan. 

Untuk mengatasinya, pasien perlu melakukan sesi terapi dengan durasi pengobatan tergantung pada lokasi dan jenis fraktur. Hari-hari pertama terapi penyembuhan adalah mendapatkan istirahat, dikompres dengan es dan yang paling penting, pengobatan sampai pembengkakan stabil.

Baca Juga: Potret X-Ray Patah Tulang yang Dialami Marc Marquez, Bikin Ngilu Lihatnya

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS