Gegara Siswa Positif Covid-19 & Tetap Bersekolah, Puluhan Murid Dikarantina

Rauhanda Riyantama | Rosiana Chozanah
Gegara Siswa Positif Covid-19 & Tetap Bersekolah, Puluhan Murid Dikarantina
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Hal ini membuat walikota dan kepala sekolah geram.

Suara.com - Hampir sebanyak 30 siswa sekolah di Massachusetts, Amerika Serikat, dikarantina setelah terpapar virus corona dari seorang murid yang positif.

Ketika satu siswa positif tersebut masuk pada Senin (14/9/2020) kemarin, pihak sekolah tidak diberitahu oleh orang tuanya tentang diagnosis sang anak hingga Selasa malam.

Setelah orang tuanya mengirim hasil tes ke sekolah, kepala Sekolah Menengah Atas Attleboro, David Sawyer, langsung memerintahkan 28 siswa yang melakukan kontak dekat dengan penderita untuk karantina mandiri selama 14 hari.

Orang tua penderita Covid-19 mengatakan bahwa anaknya dites virus corona pada 11 September, dan berpikir buah hati mereka tetap bisa masuk sekolah setelah dikarantina beberapa hari.

Baca Juga: Studi Terbaru: Pembasmi Gulma Bisa Bunuh Virus Corona dalam 10 Detik

"Para orang tua memiliki penilaian yang sangat buruk, itu sangat membuat frustasi. (Padahal) pihak sekolah sudah melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan," kata Walikota Attleboro, Paul Heroux.

Ilustrasi Remaja Depresi. (Shutterstock)
Ilustrasi Remaja Karantina (Shutterstock)

Sawyer pun memberitahu orangtua para murid bahwa masalah ini disebabkan bukan karena kurangnya protokol keselamatan.

Dia mengingatkan bahwa penyaringan dan pelacakan kontak di setiap wilayah dilakukan untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona, tetapi pada akhirnya tidak ada cara untuk sepenuhnya mencegah penyebaran virus di sekolah.

Dalam surat permohonan kepada orang tua murid, Heroux meminta anggota keluarga untuk 'mengamankan' anak-anak mereka di rumah jika dites positif atau sedang menunggu hasul tes.

Ia juga mengingatkan untuk menghubungi sekolah atau departemen kesehatan setempat jika memiliki beberapa pertanyaan, lapor CNN.

Baca Juga: Virus Corona Covid-19 Bisa Pangkas Usia Harapan Hidup hingga 9 Tahun

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS