alexametrics

Studi Jepang: Minum Teh Hijau dan Kopi Bisa Perpanjang Usia Pasien Diabetes

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Studi Jepang: Minum Teh Hijau dan Kopi Bisa Perpanjang Usia Pasien Diabetes
Ilustrasi teh hijau. (Sumber: Shutterstock)

Pasien diabetes tipe 2 diperbolehkan meminum kopi dan teh hijau yang disebut bisa menurunkan risiko kematian. Benarkah?

Suara.com - Pasien diabetes tipe 2 diperbolehkan meminum kopi dan teh hijau yang disebut bisa menurunkan risiko kematian.

Dengan catatan, hanya boleh diminum dalam jumlah tertentu, menurut sebuah studi observasi baru yang terbit dalam jurnal online BMJ Open Diabetes Research and Care.

Para peneliti melacak kesehatan sekitar 4.923 orang di Jepang dengan diabetes tipe 2 selama sekitar 5 tahun. Partisipan terbagi menjadi 2.790 pria dan 2.133 adalah wanita.

Mereka mengisi kuesioner yang terdiri dari 58 pertanyaan tentang kebiasaan makan dan minum, termasuk berapa banyak teh hijau dan kopi yang dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga: Gatal di Area Organ Intim, Waspadai Gejala Tersembunyi Diabetes

Peserta juga diminta untuk memberikan informasi tentang seberapa sering mereka berolahraga dan apakah mereka merokok atau mengonsumsi alkohol, berapa lama rata-rata mereka tidur setiap malam, di antara pertanyaan gaya hidup lainnya.

Dari 4.923 orang yang disurvei, 607 mengatakan mereka tidak minum teh hijau sama sekali, dan 1.143 mengatakan mereka minum secangkir sehari.

Sekitar 1.384 mengatakan mereka minum dua hingga tiga cangkir sehari, dan 1.784 melaporkan minum empat cangkir atau lebih setiap hari.

Sedangkan untuk konsumen kopi, 994 mengatakan mereka tidak minum dan 1.306 mengaku minum satu cangkir setiap hari.

Sementara 963 lainnya mengatakan mereka minum satu cangkir kopi setiap hari, sementara 1.660 mengatakan mereka mengonsumsi dua cangkir.

Baca Juga: Cubain Resep Kopi Rempah Sumsel, Cocok di Musim Pancaroba Ini

Selama lima tahun para peserta dilacak, 309 meninggal dengan penyebab utama kematian adalah kanker dan penyakit kardiovaskular.

Komentar