alexametrics

Kaki Sering Dingin Tanpa Sebab? Waspada Masalah Saraf hingga Anemia

Rauhanda Riyantama | Fita Nofiana
Kaki Sering Dingin Tanpa Sebab? Waspada Masalah Saraf hingga Anemia
Ilustrasi kaki kedinginan. (Shutterstock)

Kaki dingin tanpa sebab bisa menandakan berbagai penyakit kronis, apa saja?

Suara.com - Kaki dingin umumnya terjadi saat Anda berada di wilayah dengan cuaca dingin. Kondisi ini bisa diatasi dengan mudah menggunakan kaos kaki atau selimut.

Namun, ada beberapa kondisi yang membuat kaki Anda dingin tanpa sebab. Melansir dari Insider, jika Anda mengalami hal tersebut maka perlu curiga bahwa mungkin Anda menderita kondisi kesehatan tertentu, antara lain:

1. Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah kondisi yang menyebabkan timbunan lemak di arteri dan membuat aliran darah tidak begitu cukup ke kaki. Hal ini yang menyebabkan buruknya sirkulasi darahdalam tubuh.

Baca Juga: Jadi Bengkak dan Keunguan, Pasien Covid-19 Bisa Alami Peradangan Jari Kaki

"Arteri di kaki Anda adalah yang terkecil yang berarti paling mungkin terkena dampak pertama. Ketika arteri ini tersumbat, Anda bisa mengalami kaki yang dingin dan terkadang nyeri," kata Danielle DesPres, DPM, Board Certified Foot & Ankle Surgeon & Ahli penyakit kaki di NYC di fakultas di New York College of Podiatric Medicine.

2. Neuropati Diabetes

Meskipun diabetes itu sendiri mungkin tidak menyebabkan kaki dingin, beberapa orang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 mengalami kerusakan saraf atau neuropati di kaki mereka. Kerusakan saraf ini dapat mengganggu saraf yang mendeteksi suhu di kaki sehingga menimbulkan sensasi yang tidak menyenangkan.

3. Penyakit Raynaud

Penyakit Raynaud adalah kondisi langka yang menyebabkan pembuluh darah di tangan dan kaki menyempit setiap kali merasa kedinginan atau stres.

Baca Juga: Punya Kebiasaan Aneh Basahi Celana Sebelum Tidur, Warganet: Apa Ga Gatel Tu

Ketika kambuh, darah tidak bisa sampai ke tangan dan kaki yang mungkin membuatnya terasa lebih dingin dan terlihat putih atau kebiruan. Orang yang tinggal di iklim yang lebih dingin lebih mungkin untuk menderita penyakit Raynaud.

Komentar