alexametrics

Tingkatkan Potensi Kehamilan, Simak Pola Makan untuk Kesuburan Perempuan

Arendya Nariswari | Fita Nofiana
Tingkatkan Potensi Kehamilan, Simak Pola Makan untuk Kesuburan Perempuan
Ilustrasi hamil anak kembar. (unsplash)

Beberapa makanan tertentu disebut baik untuk kesehatan kesuburan perempuan, apa saja?

Suara.com - Bagi banyak orang, hamil bisa menjadi tantangan tersendiri karena masalah kesuburan. Tetapi Anda dapat meningkatkan peluang hamil dengan mengonsumsi makanan sehat.

"Tidak ada diet atau makanan khusus untuk kesuburan yang secara ajaib akan menyebabkan Anda hamil, tetapi diet seimbang yang tinggi nutrisi dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan baik pada pria maupun wanita," kata Soma Mandal, MD, ahli penyakit dalam kepada Insider.

Melansir dari Insider, berikut beberapa makanan yang perlu Anda konsumsi untuk meningkakan kesuburan bagi perempuan, antara lain:

Hindari lemak trans dan lemak jenuh

Baca Juga: Catat! Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Hamil Setelah Berhubungan Seks

Lemak trans dan lemak jenuh adalah lemak tak sehat yang ditemukan dalam makanan olahan dan daging.  "Lemak ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan kemandulan," kata Mandal.

Gantilah dengan konsumsi lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan salmon. "Ini membantu menurunkan resistensi insulin dan mengurangi peradangan, dua hal yang dapat mempengaruhi kesuburan," kata Mandal.

Konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Fokus pada konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian juga baik untuk kesuuran.

"Makanan ini dapat meningkatkan kesuburan dengan mengatur kadar gula darah dan insulin," ujar Mandal.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Cegah Penyakit di Musim Hujan

Tingkatkan Zat Besi

Sebuah studi tahun 2006 menemukan zat besi dapat membantu mengatur ovulasi dan mengurangi risiko infertilitas pada perempuan. Anda dapat menemukan zat besi dalam makanan seperti bayam dan kacang-kacangan atau mengonsumsi vitamin prenatal.

Makanan mengandung tinggi zat besi. (Shutterstock)
Makanan mengandung tinggi zat besi. (Shutterstock)

Konsumsi Folat

Mengonsumsi asam folat dalam bentuk suplemen folat atau vitamin B9 dianggap penting untuk membantu memastikan kesehatan calon bayi. "Ini mengurangi risiko bayi mengalami cacat otak dan tulang belakang, termasuk spina bifida," kata Mandal.

"Anda juga bisa menemukan folat dalam makanan seperti biji bunga matahari, brokoli, kubis brussel, kangkung, dan bayam," imbuhnya.

Itu dia tadi deretan makanan untuk tingkatkan kesuburan perempuan. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Komentar