alexametrics

IDAI Beri 7 Tips Tetap Produktif di Masa Pandemi Virus Corona

Angga Roni Priambodo | Shevinna Putti Anggraeni
IDAI Beri 7 Tips Tetap Produktif di Masa Pandemi Virus Corona
Ilustrasi sekolah di tengah pandemi. (Pixabay/Alexandra Kochi)

IDAI berikan 7 tips tetap produktif di masa pandemi virus corona yang bisa diterapkan di lingkungan sekolah sekaligus.

Suara.com - Baru-baru ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim telah mengizinkan Pemerintah Daerah (Pemda) membuka kembali sekolah tatap muka di masa pandemi virus corona Covid-19 pada Januari 2021 mendatang.

Padahal kasus virus corona Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah. Sedangkan, sebanyak 11,3 persen kasus virus corona Covid-19 di Indonesia menimpa anak-anak.

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Yogi Prawira pun belum bisa memberikan rekomendasi terkait KBM di masa pandemi virus corona.

"Kalau sekarang kita diminta anjuran, saat ini kami tidak bisa mengeluarkan anjuran. Karena, tidak ada satu rekomendasi yang bisa memenuhi semua wilayah di Indonesia," jelas dr Yogi dalam webinar "Adaptasi Kebiasaan Baru di Sekolah, Siapkah?" pada Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir, Mutasi Virus Corona Tidak Meningkatkan Penularan

Tapi, dr Yogi memberikan beberapa tips untuk tetap produktif di masa pandemi virus corona Covid-19 sekarang ini.

dr Yogi Prawira (Youtube/Lawan Covid19 ID)
dr Yogi Prawira (Youtube/Lawan Covid19 ID)

1. Patuhi aturan yang berlaku

Ia menyarankan semua orang harus mematuhi aturan yang berlaku selama pandemi. Salah satu bentuknya, dr Yogi menyarankan masing-masing sekolah harus memiliki penjaga atau polisi yang bertanggung jawab dan dibekali pengetahuan cukup terkait virus corona.

Sehingga, ia bisa diberi mandat untuk menegur semua orang yang tidak mematahui protokol kesehatan virus corona di lingkungan sekolah, baik murid, guru hingga kepala sekolah.

2. Terapkan 3M dan 3K

Baca Juga: Meninggal Karena Masalah Jantung, Diego Maradona Pernah Alami Pendarahan

Semua orang wajib menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Lalu, semua orang wajib menghindari 3K, yakni kerumunan, kamar tertutup dengan sirkulasi udara buruk dan kontak erat dengan orang lain.

Komentar