alexametrics

Perlu Diwaspadai, 8 Tanda Diabetes pada Anak

Yasinta Rahmawati
Perlu Diwaspadai, 8 Tanda Diabetes pada Anak
Anak 6 tahun sakit perut akibat menelan tangkai permen lollipop.

Diagnosis dini dan pengobatan awal anak dengan diabetes sangat penting.

Suara.com - Tak hanya pada orang dewasa, diabetes juga dapat terjadi pada anak-anak. Penyebab pasti diabetes pada anak-anak tidak diketahui, tetapi faktor-faktor seperti riwayat keluarga, paparan dini terhadap infeksi, dan gangguan autoimun dapat menjadi penyebab diabetes pada anak-anak.

Karenanya, diagnosis dini dan pengobatan awal anak dengan diabetes sangat penting. Diabetes tipe 1 menunjukkan gejala dengan cepat dalam beberapa minggu sementara gejala diabetes tipe 2 berkembang perlahan seiring waktu.

Orang tua harus mewaspadai gejala diabetes pada anak mereka, yang terkadang sulit dideteksi. Dirangkum dari Boldsky, berikut tanda diabetes pada anak yang harus diwaspadai.

1. Rasa haus berlebihan

Baca Juga: Kisah Pasangan Penyandang Tunanetra Kompak Rawat Anak Bikin Publik Terharu

Polidipsia atau rasa haus yang berlebihan bisa disebabkan karena diabetes insipidus pada anak. Pada tipe diabetes ini, terdapat ketidakseimbangan cairan dalam tubuh yang menyebabkan rasa haus yang berlebihan, meskipun anak sudah banyak minum.

2. Poliuria atau sering buang air kecil

Poliuria sering diikuti oleh polidipsia. Ketika glukosa tubuh melonjak, ginjal memberi isyarat untuk mengeluarkan glukosa ekstra dari tubuh melalui buang air kecil. Hal ini menyebabkan poliuria, yang pada gilirannya menyebabkan kebutuhan yang berlebihan untuk minum air atau polidipsia.

Ilustrasi anak-anak sedang bermain. (Shutterstock)
Ilustrasi anak-anak sedang bermain. (Shutterstock)

3. Kelaparan ekstrem

Jika Anda mengamati bahwa anak Anda selalu lapar, dan bahkan asupan makanan yang berlebihan tidak dapat mencukupinya, konsultasikan dengan ahli medis karena itu mungkin merupakan tanda diabetes. Tanpa insulin, tubuh tidak dapat menggunakan glukosa untuk energi, dan kekurangan energi ini menyebabkan rasa lapar meningkat.

Baca Juga: Alasan IDI Lampung Anak-anak Perlu Divaksin Covid-19

4. Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan

Komentar