alexametrics

Perketat Protokol Kesehatan, Portugal Laporkan Kenaikan Kasus Covid-19

M. Reza Sulaiman
Perketat Protokol Kesehatan, Portugal Laporkan Kenaikan Kasus Covid-19
Seorang petugas kesehatan yang mengenakan pakaian pelindung berjalan di samping lusinan ambulans yang menunggu di luar layanan darurat COVID-19 di Rumah Sakit Santa Maria, Lisbon, pada (28/1/2021). [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Portugal tengah mengalami kenaikan kasus COVID-19. Hal ini memaksa pemerintah untuk memperketat protokol kesehatan.

Suara.com - Portugal tengah mengalami kenaikan kasus COVID-19. Hal ini memaksa pemerintah untuk memperketat protokol kesehatan.

Perdana Menteri Antonio Costa menekankan bahwa pemberlakuan pembatasan dan penguncian tetap penting di Portugal yang sebulan lalu sempat melampaui tingkat kematian global akibat COVID.

Selama beberapa pekan pada Januari, layanan kesehatan Portugal kewalahan karena adanya lonjakan kasus infeksi virus corona dan kematian per kapita terburuk di dunia akibat COVID.

Namun, penguncian nasional yang diberlakukan pada 15 Januari telah dengan cepat menurunkan angka-angka kasus dan kematian itu.

Baca Juga: Dana Bansos Dipakai Judi, Kades Terancam Hukuman Mati, Eks Mensos 'Diseret'

Sebanyak 38 korban jiwa dan 691 kasus baru COVID yang tercatat pada Selasa (2/3) kembali setara dengan rata-rata kasus dan angka kematian yang tercatat pada Oktober tahun lalu, ketika bisnis masih buka.

Otoritas kesehatan DGS mengatakan 1.997 pasien menerima perawatan untuk COVID-19 di bangsal rumah sakit non-ICU, yang merupakan jumlah terendah sejak 31 Oktober.

Angka itu juga menunjukkan penurunan tajam dari jumlah sebelumnya, yakni 6.869 pasien yang dirawat di rumah sakit pada awal Februari.

Ada 446 pasien perawatan intensif pada Selasa, atau turun sebanyak 23 orang dari Senin, kata DGS.

Menurut publikasi daring Our World In Data, total gabungan pasien rawat inap saat ini di Portugal adalah yang terendah sejak 1 November.

Baca Juga: Anggota DPRD Minta Keluarga Divaksin Covid-19, Wagub DKI: Bukan Prioritas!

Berdiri di luar sebuah rumah sakit di Lisbon, Perdana Menteri Antonio Costa mendesak warga untuk terus mematuhi aturan pembatasan sosial agar penguncian (lockdown) dapat dicabut secara bertahap.

Komentar