alexametrics

Menurut WHO, Berikut 5 Masalah Kesehatan Perempuan Paling Umum

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Menurut WHO, Berikut 5 Masalah Kesehatan Perempuan Paling Umum
Ilustrasi kanker payudara. (Dok : Istimewa)

WHO menunjukkan bahwa masalah kesehatan perempuan berikut masih belum teratasi dengan baik.

Suara.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa perempuan masih menghadapi banyak masalah kesehatan. Dalam hal ini, WHO menyatakan bahwa ada beberapa penyakit di man amayoritas menyerang perempuan dan harus diperhatikan secara penuh.

Melansir dari laman resmi WHO, berikut lima masalah utama kesehatan perempuan, antara lain:

1. Kanker

Dua kanker paling umum yang menyerang perempuan adalah kanker payudara dan serviks. Mendeteksi kedua kanker ini sejak dini adalah kunci untuk menjaga perempuan tetap hidup dan sehat.

Baca Juga: Meski Banyak Dialami, Masalah Kesehatan Perempuan Ini Sering Diabaikan

Angka global terbaru menunjukkan bahwa sekitar setengah juta wanita meninggal akibat kanker serviks dan setengah juta akibat kanker payudara setiap tahun. Sebagian besar kematian terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah di mana skrining, pencegahan dan pengobatan hampir tidak memadai.

2. Kesehatan Reproduksi

Masalah kesehatan seksual dan reproduksi bertanggung jawab atas sepertiga dari masalah kesehatan perempuan berusia antara 15 hingga 44 tahun. Seks tidak aman merupakan faktor risiko utama, terutama di antara perempuan dan anak perempuan di negara berkembang.

3. Kesehatan Ibu

Banyak perempuan mendapat manfaat dari peningkatan perawatan selama kehamilan dan persalinan. Namun manfaat tersebut tidak merata sehingga perempuan meninggal akibat komplikasi kehamilan dan persalinan. Padahal, sebagian besar kematian ini dapat dicegah. 

Baca Juga: Tenaga Kesehatan Perempuan di Mukomuko Pingsan Usai Divaksin Covid-19

Ilustrasi hamil anak kembar. (unsplash)
Ilustrasi hamil anak kembar. (unsplash)

4. HIV

Tiga dekade setelah epidemi AIDS, perempuan muda masih banyak yang menanggung beban infeksi HIV baru. Menurut WHO, masih terlalu banyak perempuan muda yang berjuang untuk melindungi diri dan untuk mendapatkan perawatan HIV yang mereka butuhkan.

5. Kesehatan mental

Bukti menunjukkan bahwa perempuan lebih rentan dibandingkan pria untuk mengalami kecemasan, depresi, dan keluhan somatik. Depresi adalah masalah kesehatan mental yang paling umum bagi perempuan.

Komentar