alexametrics

Hari Kesehatan Sedunia, BPOM Luncurkan Logo Pilihan Lebih Sehat di Makanan

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Hari Kesehatan Sedunia, BPOM Luncurkan Logo Pilihan Lebih Sehat di Makanan
Ilustrasi logo Pilihan Lebih Sehat dari BPOM. (Dok. BPOM)

Momen Hari Kesehatan Sedunia dimanfaatkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI untuk meluncurkan logo 'Pilihan Lebih Sehat'. Apa fungsinya?

Suara.com - Sejak 1950 tanggal 7 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kesehatan Sedunia atau World Health Day. Momen ini dimanfaatkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI untuk meluncurkan logo 'Pilihan Lebih Sehat' pada produk siap konsumsi.

Logo ini ada di produk kemasan makanan dan minuman dengan gambar ceklis berwarna hijau, yang mengartikan jika produk punya takaran yang lebih menyehatkan dibanding kemasan lainnya.

"Sesuai UU No. 18 tahun 2012 tentang pangan, negara berkewajiban untuk mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi seimbang yang sejalan arahan dengan badan kesehatan dunia," ujar Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes, dalam acara webinar Frisian Flag Indonesia (FFI), Selasa (6/4/2021).

Program ini menurut Rita sejalan dengan arahan dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, agar negara fokus mengurangi faktor risiko penyakit kronis seperti jantung, ginjal, diabetes hingga stroke akibat dari gaya hidup dan pola konsumsi sehari-hari masyarakatnya.

Baca Juga: BPOM Temukan 300 Kg Mi Mengandung Formalin di Aceh

"BPOM mengakomodir penggunaan Logo 'Pilihan Lebih Sehat' pada bagian utama label yang bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam memilih pangan yang lebih sehat," ungkap Rita.

Rita juga meminta masyarakat untuk lebih mau membaca apa saja kandungan yang tertera pada kemasan produk. Seperti kadar gula, garam, lemak, hingga nilai gizinya bisa ukur dan diperhatikan punya takaran pribadi sehingga tidak dikonsumsi berlebihan.

"Dengan cek KLIK: Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa dari produk siap konsumsi. Dengan melihat informasi nilai gizi pada label, masyarakat dapat melihat dan menentukan kontribusi produk tersebut terhadap pemenuhan gizi mereka," jelas Rita.

Sebagai contoh, logo 'Pilihan Lebih Sehat' ini sudah tertera pada produk FFI, yakni di varian susu cair siap minum Full Cream.

Dengan mendapatkan logo ini, maka artinya produk tersebut lolos salah satu syarat yakni kandungan gula maksimum 6 gram per 100 mililiter.

Baca Juga: BPOM Berikan Izin Pemakaian Darurat Obat Corona Avifavir

“Dengan penggunaan logo ini diharapkan masyarakat dapat memilih pangan yang lebih sehat. Label ini juga sekaligus mengedukasi dan memberi informasi yang jelas kepada konsumen yang memang menjadi penentu keputusan dalam membeli dan menyediakan pangan sesuai kebutuhanya,” pungkas Rita.

Komentar