alexametrics

Banyak Keringat Saat Olahraga Tanda Pembakaran Lemak, Mitos atau Fakta?

M. Reza Sulaiman | Dian Kusumo Hapsari
Banyak Keringat Saat Olahraga Tanda Pembakaran Lemak, Mitos atau Fakta?
Ilustrasi orang sedang berkeringat (Shutterstock).

Derasnya keringat yang menetes menandakan lemak ataupun kalori dalam tubuh pun terbakar sangat banyak. Mitos atau fakta ya?

Suara.com - Bagi sebagian orang terutama yang jarang berolahraga, merasa sangat senang ketika dirinya berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat.

Pasalnya, mereka meyakini bahwa derasnya keringat yang menetes, maka lemak ataupun kalori dalam tubuh pun sudah terbakar sangat banyak. Mitos atau fakta ya?

Dilansir melalui Healthshots, pada dasarnya, berkeringat adalah cara tubuh kita mengatur suhunya. Ini adalah fenomena alam yang melaluinya tubuh menjadi dingin, sebagai respons terhadap kenaikan suhu inti tubuh kita.

Sehingga berkeringat tidak ada hubungannya dengan pembakaran lemak.

Baca Juga: Bau Kaki Bikin Minder? Hempas dengan 4 Cara Berikut!

Jumlah keringat bukanlah indikator dari latihan yang baik atau peningkatan kehilangan lemak. Itu hanya mitos.

Lalu, apa sebenarnya arti keringat?

Namun, ada pengecualian karena beberapa orang lebih banyak berkeringat daripada yang lain.

Biasanya, orang dengan kelenjar keringat lebih banyak cenderung lebih banyak berkeringat dibandingkan dengan orang yang memiliki kelenjar keringat lebih sedikit.

Beberapa faktor lain yang berkontribusi terhadap hal ini adalah suhu, kelembapan, genetika, berat badan, asupan air, jenis kelamin, usia, dan tingkat kebugaran.

Baca Juga: Sudah Pakai Deodoran tapi Masih Bau Ketiak? Ini yang Sebaiknya Dilakukan

Jadi, meskipun seseorang dengan tingkat kebugaran yang tinggi dan orang yang tidak terlalu bugar dapat mengeluarkan banyak keringat, alasan mereka untuk melakukannya kemungkinan besar akan berbeda.

Komentar