alexametrics

Asia Alami Lonjakan Kasus Corona yang Parah, Vaksin Sebabkan Herpes Zoster?

Risna Halidi
Asia Alami Lonjakan Kasus Corona yang Parah, Vaksin Sebabkan Herpes Zoster?
Ilustrasi pengobatan penyakit herpes. (Shutterstock)

Simak deretan berita kanal Health paling populer di Suara.com edisi Rabu, 21 April 2021 berikut ini.

Suara.com - Dunia kembali mengalami lonjakan kasus infeksi Covid-19. Sementara itu, negara-negara di Asia menjadi kawasan dengan lonjakan kasus Covid-19 baru terparah.

kondisi Herpes zoster diduga menjadi salah satu efek samping vaksin Covid-19 terbaru setelah ilmuwan Israel mengidentifikasi adanya enam kasus yang mengalami ruam kulit setelah menerima vaksin Pfizer.

Berita mengenai lonjakan kasus Covid-19 dan dugaan vaksin sebabkan kondisi Herpes zoster masuk dalam daftar berita kanal Health paling populer di Suara.com edisi Rabu, 21 April 2021 berikut ini.

1. Update Covid-19 Global: Asia Catat Lonjakan Kasus Terparah

Baca Juga: Profil Nicholas Saputra, Banjir Pujian Gegara Antre saat Vaksinasi Covid-19

Naga Sadhus, atau pria suci Hindu berenang di sungai Gangga saat Shahi Snan pada
Naga Sadhus, atau pria suci Hindu berenang di sungai Gangga saat Shahi Snan pada "Kumbh Mela", atau Pitcher Festival, di tengah mewabahnya virus corona (COVID-19), di Haridwar, India, Senin (12/4/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui/FOC/djo

Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia WHO kasus infeksi virus corona meningkat di seluruh wilayah di dunia kecuali Eropa.

India menjadi negara dengan peningkatan kasus Covid-19 tertinggi di dunia hingga diibaratkan sebagai tsunami Covid-19. Lebih dari sepekan terakhir, India terus melaporkan infeksi baru lebih dari 200 ribu kasus setiap hari.

Baca selengkapnya

2. Peneliti Temukan Efek Samping Herpes Zoster Pada Penerima Vaksin Covid-19

Ilustrasi vaksin COVID-19. (unsplash/@dimitrihou)
Ilustrasi vaksin COVID-19. (unsplash/@dimitrihou)

Infeksi herpes kemungkinan dapat jadi efek samping dari vaksin Covid-19. Ilmuwan di Israel mengidentifikasi enam kasus dalam studi baru pasien yang mengalami ruam kulit seperti herpes zoster setelah menerima vaksin Pfizer, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Rheumatology .

Baca Juga: Supaya Tak Seperti India, Pemerintah Terus Berupaya Tekan Kasus Corona

Herpes zoster bergejala seperti ruam kulit kecil yang gatal. Jika tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan saraf dan nyeri, lapor Jerusalem Post. Sensasi terbakar yang berkepanjangan masih mungkin terjadi pada kulit bahkan setelah ruam menghilang.

Baca selengkapnya

3. 6 Gejala Umum Varian Baru Virus Corona India, Salah Satunya Sesak Napas!

Ilustrasi virus corona Covid-19, masker bedah (Pixabay/Coyot)
Ilustrasi virus corona Covid-19, masker bedah (Pixabay/Coyot)

Varian baru virus corona India tengah menimbulkan kekhawatiran, karena memiliki mutasi ganda yang membuatnya kebal terhadap vaksin Covid-19. Sehingga semua orang perlu mewaspadai gejala infeksi virus corona Covid-19 India.

Kepala Dewan Riset Media India, Dr Balram Bhargawa mengatakan bahwa satu-satunya perbedaan ggejala varian baru virus corona India dengan jenis lainnya adalah sesak napas.

Baca selengkapnya

4. Peneliti Kembangkan Vaksin Corona Berbasis Nabati yang Mengandung Tembakau

Tanaman tembakau. [Pixabay]
Tanaman tembakau. [Pixabay]

Tim peneliti dari perusahaan biofarmasi yang berbasis di Kanada, Medicago, tengah mengembangkan kandidat vaksin Covid-19 dua dosis yang berbahan dasar nabati, termasuk memiliki kandungan tembakau di dalamnya.

Nnatinya, semak tembakau digunakan guna menghasilkan partikel mirip virus corona penyebab sakit Covid-19 yang kini telah menginfeksi jutaan manusia di seluruh dunia.

Baca selengkapnya

5. Bahaya Menahan Bersin, Bisa Ganggu Pendengaran hingga Penglihatan

Ilustrasi seorang perempuan sedang bersin (Shutterstock).
Ilustrasi seorang perempuan sedang bersin (Shutterstock).

Saat berada di tempat publik atau dalam suasana hening seperti rapat, mungkin Anda merasa sungkan untuk bersin sehingga memilih menahannya. Namun tahukah Anda? Menahan bersin bisa saja menyebabkan masalah serius.

Saat lendir, alergen, atau benda seperti serangga masuk ke hidung kita, naluri tubuh adalah membuangnya segera melalui bersin. Diafragma dan otot di antara tulang rusuk kita berkontraksi untuk mengeluarkan apa pun yang ada di hidung kita. Ini adalah refleks otomatis (dan sebagian besar tidak terkendali), dirancang untuk menjaga jalan napas kita tetap terbuka.

Baca selengkapnya

Komentar