alexametrics

Update Covid-19 Global: Angka Kematian Brasil Capai 400 Ribu

Risna Halidi | Lilis Varwati
Update Covid-19 Global: Angka Kematian Brasil Capai 400 Ribu
Presiden Brasil Jair Bolsonaro menutupi wajahnya dengan masker selama konferensi pers mengenai pandemi virus COVID-19, pandemi di Istana Planalto, Brasil. File foto ini diambil pada 23 Juni 2020. [Sergio LIMA / AFP]

Brasil termasuk penyumbang angka kematian terbanyak kedua di dunia setelah di India.

Suara.com - Angka kematian akibat Covid-19 masih terus bertambah. Beberapa negara bahkan mengalami peningkatan kasus infeksi dan kasus kematian.

Data pada worldometers.info tercatat total kematian di seluruh dunia telah mencapai lebih dari 3,17 juta jiwa, atau bertambah sebanyak 92.369 orang meninggal dunia dalam tujuh hari terakhir. 

Brasil termasuk penyumbang angka kematian terbanyak kedua di dunia setelah di India.

Selama sepekan terakhir, Brasil melaporkan kematian sebanyak 16.656 jiwa akibat infeksi Covid-19. Pagi ini, negara itu tercatat melampaui angka 400 ribu orang telah meninggal terkait kasus virus corona.

Baca Juga: Ada WN India Kabur ke Batam, Imigrasi Beri Peringatan Keras

Kementerian kesehatan negara Brasil melaporkan lebih dari 3.000 kematian baru karena Covid-19 pada hari Kamis (29/4), meningkatkan jumlah kematian yang tercatat selama pandemi menjadi setidaknya 401.186 jiwa.

Jumlah kematian di Brasil meningkat pesat setelah kegiatan liburan Natal dan Tahun Baru, ketika penduduk setempat sering bepergian selama liburan sekolah dan musim panas. Tahun 2021 disebut menjadi periode paling parah selama wabah virus corona masuk ke Brasil sejak Maret 2020.

"Dengan kesedihan di sekeliling, Brasil hari ini mencatat 400.000 korban Covid-19. Jumlah tersebut mencerminkan rasa sakit keluarga yang kehilangan orang tua, kakek-nenek, anak-anak dan saudara kandung dengan cara yang cepat, kasar, dan sering kali kesepian."

"Ini juga mencerminkan salah urus dan kurangnya koordinasi terpusat di tingkat federal," kata presiden Dewan Sekretaris Kesehatan Nasional Carlos Lula dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNN.

Data dari epidemiologi, selama Januari dibandingkan dengan minggu kedua bulan April menunjukkan bahwa kematian di antara pasien Covid-19 dalam kelompok usia 20-29 tahun meningkat hingga 1.081 persen.

Baca Juga: Berkaca India, Gus Miftah Minta Pemerintah Tegas Terkait Larangan Mudik

Kematian akibat Covid-19 dan kasus baru meningkat di semua kelompok usia dewasa selama periode yang sama dengan jumlah kematian harian Brasil naik dari sekitar 1.000 per hari pada awal tahun menjadi rata-rata lebih dari 2.500 per hari selama seminggu terakhir.

Komentar