alexametrics

Bahagia Bisa dari Makanan, Yuk Konsumsi 5 Asupan Berikut

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Bahagia Bisa dari Makanan, Yuk Konsumsi 5 Asupan Berikut
Ilustrasi makan cokelat gelap (dark chocolate). (Shutterstock)

Bahagia bisa berasal dari kandungan makanan Anda, lho.

Suara.com - Kandungan makanan tertentu bisa meningkatkan rasa bahagia. Hal ini disebabkan karena beberapa makanan mampu memengaruhi suasana hati Anda.

Melansir dari Healthline, berikut lima makanan yang bisa meningkatkan suasana hati, antara lain:

1. Ikan berlemak

Asam lemak omega-3 adalah kelompok lemak esensial yang harus Anda peroleh melalui pola makan karena tubuh tak memproduksinya secara alami.

Baca Juga: BBPOM Yogyakarta Sebut Cemilan Tradisional Gunungkidul Dianggap Berbahaya

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna Albacore kaya akan dua jenis omega-3 yang dikaitkan dengan tingkat depresi yang lebih rendah atau menurunkan risiko depresi.

Omega-3 berkontribusi pada fluiditas membran sel otak Anda dan muncul untuk memainkan peran kunci dalam pengembangan otak dan pensinyalan sel.

2. Cokelat Hitam

Cokelat kaya akan banyak senyawa yang meningkatkan suasana hati. Asupan ini dapat melepaskan kaskade, senyawa yang dikaitkan dengan peningkatan suasana hati.

Ilustrasi makan cokelat gelap (dark chocolate). (Shutterstock)
Ilustrasi makan cokelat gelap (dark chocolate). (Shutterstock)

3. Makanan fermentasi

Baca Juga: Pesan Makanan Dibungkus, Pembeli Terkejut Dapat Hadiah dari Tukang Sate

Makanan fermentasi, yang meliputi Kimchi, Yogurt, Kefir, Kombucha, dan Sauerkraut dapat meningkatkan kesehatan dan suasana hati.

Proses fermentasi pada maknan tersebut memungkinkan bakteri hidup untuk berkembang dalam makanan yang kemudian dapat mengubah gula menjadi alkohol dan asam.

Selama proses ini, ada proses pembuatan probiotik. Mikroorganisme hidup ini mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus Anda dan dapat meningkatkan kadar serotonin atau hormon bahagia.

Serotonin adalah neurotransmitter yang mempengaruhi banyak aspek perilaku manusia, seperti suasana hati, respons stres, nafsu makan, dan dorongan seksual. Hingga 90 persen dari serotonin tubuh Anda diproduksi oleh mikrobioma usus Anda, atau koleksi bakteri sehat di usus Anda.

4. Pisang

Pisang mengandung vitamin B6, yang membantu mensintesis neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin. Selain itu pisang adalah sumber gula alami dan prebiotik, yang bekerja bersama untuk menjaga kadar gula darah dan suasana hati Anda.

5. Gandum

Gandum utuh dapat membuat Anda tetap dalam semangat yang baik sepanjang pagi. Anda dapat menikmatinya dalam berbagai bentuk, seperti oatmeal, muesli, dan granola.

Gandum adalah adalah sumber serat yang sangat baik, menyediakan 8 gram dalam satu cangkir mentah (81 gram). Serat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat Anda, memungkinkan untuk pelepasan gula secara bertahap ke dalam aliran darah untuk menjaga tingkat energi Anda tetap stabil. Dengan kadar gula yang stabil, maka suasana hati juga akan terjaga.

Komentar