alexametrics

Gejala Virus Corona MIrip Flu Perut, Begini Cara Membedakannya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Gejala Virus Corona MIrip Flu Perut, Begini Cara Membedakannya!
Ilustrasi flu perut (Pixabay/derneuemann)

Cara membedakan gejala virus corona Covid-19 dengan flu perut.

Suara.com - Virus corona Covid-19 menyebabkan banyak gejala yang mirip dengan penyakit lain. Artinya, orang yangmenunjukkan gejala demam, batuk kering dan sakit kepala belum tentu terinfeksi Covid-19, tapi juga bisa alergi atau flu biasa.

Tapi, gejala virus corona Covid-19 tak hanya mirip dengan gejala penyakit flu dan alergi. Gejala virus corona juga berkaitan dengan masalah gastrointestinal, seperti mual, muntah dan diare yang mirip dengan gejala flu perut.

Karena itu, Anda harus memahami perbedaan antara gejala virus corona Covid-19 dengan flu perut. Anda perlu memahami bahwa masalah gastroenteritis bukanlah jenis flu, meskipun biasanya disebut sebagai flu perut.

Menurut MedlinePlus, sumber dari Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, gastroenteritis atau flu perut terjadi ketika lapisan usus Anda meradang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh virus, parasit atau bakteri.

Baca Juga: Meninggal karena Covid-19, Pasutri Ogah Bawa Pulang Jenazah Bayinya di RS

Masalah gastroenteritis termasuk penyakit paling umum yang menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi dan kontak dengan orang yang terinfeksi. Berikut ini, beberapa gejala flu perut atau masalah gastroenteritis.

  1. Diare
  2. Muntah
  3. Sakit perut
  4. Demam
  5. Sakit kepala
  6. Panas dingin
Ilustrasi flu perut (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi flu perut (Pexels/Andrea Piacquadio)

Untungnya, kebanyakan orang sembuh dari masalah gastroenteritis tanpa pengobatan khusus.

Konon, dehidrasi juga efek samping yang paling umum dari gastroenteritis, karena kondisi ini biasanya menyebabkan pasien kehilangan banyak cairan melalui diare dan muntah.

Kondisi itu bisa menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Karena itu, Anda harus minum banyak cairan ketika menderita flu perut guna mencegah dehidrasi.

Di sisi lain, virus corona Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 yang mengakibatkan virus corona Covid-19.

Baca Juga: Studi: Protein N Justru Berperan Penting dalam Penularan Covid-19

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mereka yang terinfeksi virus corona akan mengalami penyakit pernapasan ringan sampai sedang.

Komentar