facebook

Heboh Cewek Curhat Muncul Kista Tanpa Disadari, Ini Makanan yang Harus Dihindari

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Heboh Cewek Curhat Muncul Kista Tanpa Disadari, Ini Makanan yang Harus Dihindari
Ilustrasi kista (shutterstock)

Dokter kandungan sarankan orang yang memiliki kista untuk menghindari makanan tertentu.

Suara.com - Belakangan, heboh di media sosial banyak perempuan berbagi pengalamannya periksa kondisi kesehatan ke dokter kandungan. Banyak di antaranya yang terkejut didiagnosis memiliki kista tanpa disadari.

Seorang pengguna Twitter pun menyarankan semua perempuan untuk rutin cek dokter kandungan guna mendeteksi adanya kista, terutama bila mengalami siklus menstruasi tidak teratur atau sakit ketika menstruasi.

Ia pun mengaku baru mengetahui dirinya memiliki kista ketika meraba sudah ada benjolan cukup besar. Bahkan, ia juga menyarankan para perempuan untuk mengurangi konsumsi junk food, ayam, seblak, bakso atau apapun yang mengandung micin.

"Iyalah tolong buat ciwi2 check ke dokter please. aku taunya pas udah keraba kayak benjolan dan ini udah gede banget jadi lebih baik jaga-jaga. Terus kurangin makan junk food, ayam, seblak, bakso dan apapun yang banyak micinnya," cuitan Twitter @ranisetya18.

Baca Juga: Heboh Virus Corona Varian Nepal, Haruskah Khawatir?

Seperti yang kita tahu, kista ovarium adalah kondisi di mana kantung berisi cairan terdapat di dalam atau permukaan ovarium. Menurut dr. Andang Sp.OG, kista ovarium itu terdiri dari 3 jenis dari yang paling ringan hingga berisiko menjadi kanker.

Ilustrasi sakit perut, kista (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi sakit perut, kista (Pexels/Andrea Piacquadio)

Pada kista yang biasa, kondisi ini bisa disebabkan oleh kelainan hormon estrogen. Kista jenis ini biasanya akan menimbulkan 3 gejala yang paling umum, antara lain:

  1. Kesakitan ketika menstruasi
  2. Kesakitan ketika berhubungan intim
  3. Infertilitas, yang menyebabkan kesulitan memiliki anak

Ia pun menyarankan perempuan yang merasakan kesakitan ketika menstruasi atau mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur harus memeriksakan kondisinya. Ia juga mengatakan umumnya siklus menstruasi yang normal adalah antara 22-36 hari.

Bila perempuan mengalami sakit pinggang ketika menstruasi, bukan berarti ia memiliki kista. Dokter Andang menjelaskan sakit menstruasi akibat kista ini Maksudnya rasa sakit yang tidak tertahankan hingga seseorang tidak bisa beraktivitas.

"Yang disebut dismenore atau sakit pada waktu haid itu adalah pada waktu haid itu sakit sampai tidak bisa bekerja seperti biasa. Kalau pelajar ya dia tidak bisa belajar, kalau pekerja yang tidak bisa bekerja," kata dr. Andang Sp.OG ketika dihubungi Suara.com melalui WhatsApp, pada Jumat (4/6/2021).

Baca Juga: Awas! Pasien Virus Corona yang Mudah Cemas Berisiko Alami Long Covid-19

Jadi, sakit pinggang biasanya ketika menstruasi adalah hal yang normal. Sementara itu, dr. Andang Sp.OG juga memberikan beberapa daftar makanan yang sebaiknya dihindari ketika Anda memiliki kista, salah satunya junk food.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar