alexametrics

Update Covid-19 Global: India Terancam Gelombang Ketiga Pandemi

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Update Covid-19 Global: India Terancam Gelombang Ketiga Pandemi
COVID-19 di India. [Antara/Reuters/Samuel Rajkumar/FOC/sa]

Berdasarkan jajak pendapat Reuters terhadap para ahli medis menunjukkan gelombang infeksi ketiga kemungkinan akan melanda India pada Oktober.

Suara.com - Infeksi Covid-19 masih menyebar di banyak negara. Update Covid-19 mengutip data worldometers, per Sabtu (19/6) pukul 10.00 WIB, jumlah kasus Covid-19 telah tercatat 178,5 juta. Jumlah orang yang meninggal dunia akibat infeksi virus corona itu telah lebih dari 3,86 juta jiwa.

Jumlah orang yang sudah sembuh juga terus bertambah. Hingga saat ini, sudah 163,11 juta orang sembuh dari Covid-19. Tersisa 11,6 juta kasus positif Covid-19 di seluruh dunia, 82.235 pasien di antaranya dalam keadaan kritis.

India terancam alami gelombang ketiga pandemi
Munculnya berbagai varian baru virus corona telah mencuri perhatian global. Terutama varian Delta yang pertama kali ditemukan di India.

Negara terpadat kedua di dunia itu bahkan alami tsunami Covid-19 pada Maret lalu. Meski saat ini rata-rata kasus harian India lebih rendah dibandingkan periode April-Mei lalu, pejabat kesehatan di India tetap mendesak pemerintah setempat untuk meningkatkan persiapan terhadap kemungkinan gelombang ketiga infeksi virus corona. Saran itu seiring dengan berkurangnya aturan batasan pergerakan dalam waktu kurang dari sebulan setelah lonjakan yang menewaskan ribuan orang tersebut.

Baca Juga: Kasus Harian COVID-19 Jakarta Tambah 4.144 Orang, Rekor Tertinggi 4 Bulan Terakhir

Negara bagian Maharashtra, terpadat kedua di India, mencabut banyak aturan pembatasan di kota-kotanya, seperti ibu kota keuangan Mumbai yang membuka kembali mal, bioskop, dan pusat kebugaran dengan kapasitas 50 persen. Juga membebaskan kantor dari batas kehadiran staf.

"Kita harus memiliki rencana yang jelas, dan mempersiapkan persiapan kita untuk beberapa minggu ke depan, kapan pun gelombang berikutnya datang," kata Rahul Pandit, Anggota Gugus Gugas Covid-19 sekaligus Direktur Rumah Sakit Fortis Mumbai, mengutip Channel News Asia.

"Upaya kita harus diarahkan dalam menunda gelombang sebanyak yang kita bisa, dan bahkan berusaha mencegahnya," imbuhnya.

Berdasarkan jajak pendapat Reuters terhadap para ahli medis menunjukkan gelombang infeksi ketiga kemungkinan akan melanda India pada Oktober.

Meskipun dinilai akan lebih terkontrol daripada tsunami Covid-19 sebelumnya, pandemi akan tetap menjadi ancaman kesehatan masyarakat India, setidaknya selama satu tahun lagi.

Baca Juga: Update Covid-19 Global: Varian Delta Sebabkan Peningkatan Infeksi Hingga 50 Persen

Jumlah kasus di India saat ini tercatat sebanyak 29,8 juta, terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Sedangkan angka kematiannya menjadi terbanyak ketiga dengan angka 385.167 jiwa.

Komentar