alexametrics

Kecubung Bikin Mabuk dan Euforia, Simak Efeknya untuk Kesehatan

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Kecubung Bikin Mabuk dan Euforia, Simak Efeknya untuk Kesehatan
Ilustrasi mabuk perjalanan. (Elements Envato)

Kecubung memang bisa bikin mabuk dan euforia, berikut menurut pandangan kesehatan.

Suara.com - Terlihat cantik, tanaman berbunga mirip terompet, yakni kecubung malah bisa membuat Anda mabuk. Terkadang banyak orang yang menggunakan tanaman ini sebagai pengganti efek euforia dan mabuk yang murah.

Bunga kecubung sendiri mengandung halusinogen dan narkotika yang berpotensi mematikan. Bunga beraroma harum ini mengandung skopolamin, halusinogen, dan narkotik.

Kandungan tersebut dapat menyebabkan keadaan seperti zombie di mana ditandai dengan halusinasi, amnesia, dan hilangnya kehendak bebas.

Melansir dari WebMD, terlepas dari masalah keamanan yang serius, orang menggunakan bunga kecubung untuk obat rekreasi yang menginduksi halusinasi dan euforia. Ini juga digunakan untuk asma dan kondisi lain, tetapi tidak ada bukti ilmiah yang baik untuk mendukung penggunaan ini.

Baca Juga: 7 Remaja di Banda Aceh Ditangkap Polisi Gegara Ngelem

Saat diminum, seluruh bagian tanaman beracun, tetapi daun dan bijinya paling banyak mengandung racun.

Mengonsumsi kecubung dan bunganya dapat menyebabkan kebingungan, pupil melebar, haus yang intens, kulit kering, kemerahan, demam, tekanan darah tinggi atau rendah, detak jantung cepat, kesulitan bernapas, halusinasi, gugup, kehilangan ingatan, kejang-kejang, kelumpuhan, koma, dan kematian.

Mukbang mi instan daun kecubung (YouTube mara FM)
Mukbang mi instan daun kecubung (YouTube mara FM)


Bagi siapapun, tanaman ini tak aman, terlebih sangat berbahaya bagi orang-orang dengen kondisi hamil, menyusui, anak-anak, gagal jantung, sembelit, down sindrom, hingga orang dengan radang usus. 

Bunga kecubung juga mengandung bahan kimia yang menyebabkan efek pengeringan, sehingga dapat juga mempengaruhi otak dan jantung. Hal ini juga akan menyebabkan efek samping termasuk kulit kering, pusing, tekanan darah rendah, detak jantung cepat, dan efek samping serius lainnya.

Baca Juga: Ngakak! Kelewat Mabuk, Pria Ini Tak Sadar Ubah Nama Menjadi John Cena

Komentar