alexametrics

Bagi Orang yang Belum Vaksin Covid-19, Lakukan 3 Langkah Pencegahan Ini!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Bagi Orang yang Belum Vaksin Covid-19, Lakukan 3 Langkah Pencegahan Ini!
Ilustrasi virus corona covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan orang-orang yang belum suntik vaksin Covid-19.

Suara.com - Sejumlah negara sudah menggencarkan program vaksin Covid-19 untuk warganya. Tapi, masih ada banyak orang yang mungkin belum bisa suntik vaksin Covid-19, karena tidak memenuhi syarat.

Kelompok orang yang belum bisa mendapatkan suntik vaksin Covid-19, seperti ibu hamil dan anak-anak. Karena itu, mereka harus melakukan tindakan pencegahan yang ketat demi melindungi dirinya.

Apalagi, sekarang ini banyak bermunculan varian virus corona Covid-19 yang lebih menular. Orang yang belum suntik vaksin Covid-19 sudah pasti masuk kategori kelompok rentan terinfeksi.

Berikut ini dilansir dari Times of India, tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri dari varian virus corona ketika belum suntik vaksin Covid-19.

Baca Juga: Virus Corona Covid-19, Kapan Kondisi Pasien yang Paling Menular?

1. Pakai masker ganda

Karena varian virus corona sekarang lebih menular, orang yang belum vaksinasi harus berhati-hati. Sebaiknya, Anda menghindari berpergian keluar rumah jika tidak mendesak. Jika terpaksa, Anda harus menggunakan masker ganda untuk memberikan perlindungan ekstra.

Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)
Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)

2. Jaga jarak sosial

Jarak sosial bisa membantu mengurangi risiko seseorang tertular virus corona Covid-19 dari orang lain. Jika Anda belum vaksinasi atau berada di tengah orang yang belum vaksin Covid-19, sebaiknya menjaga jarak demi melindungi diri sendiri maupun orang lain di sekitar.

3. Jangan ikut-ikut negara lain yang sudah bebas Covid-19

Baca Juga: Orang Vaksinasi AstraZeneca 3 Kali Lebih Mungkin Berisiko Terinfeksi Virus Corona?

Beberapa negara memang telah melonggarkan aturan pembatasan sosial dan menyatakan bebas dari Covid-19. Anda pasti ingin segera menyambut situasi yang tidak serba terbatas itu. Tapi, Ingatlah bahwa Anda masih berada di wilayah dengan kasus penularan virus corona tinggi sehingga terus patuhi protokol kesehatan.

Komentar