alexametrics

Kabar Baik, Indonesia Dapat Sumbangan Oksigen dari India dan Swiss

M. Reza Sulaiman
Kabar Baik, Indonesia Dapat Sumbangan Oksigen dari India dan Swiss
ilustrasi tabung oksigen, masker oksigen. (Dok. Envato)

Krisis oksigen yang dialami Indonesia membuat penanganan COVID-19 terganggu. Bantuan pun datang dari negara-negara tetangga dan sahabat, termasuk India dan Swiss.

Suara.com - Krisis oksigen yang dialami Indonesia membuat penanganan COVID-19 terganggu. Bantuan pun datang dari negara-negara tetangga dan sahabat, termasuk India dan Swiss.

Dilansir ANTARA, Indonesia pada Sabtu (24/7) telah menerima 300 unit konsentrator oksigen dan 100 metrik ton (MT) oksigen cair medis.

Seluruh bantuan yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok tersebut telah diserahterimakan oleh Dubes India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti kepada Kementerian Kesehatan yang diwakili oleh Kepala Pusat Krisis, Eka Jusup Singka.

Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah India atas bantuan yang telah disampaikan, yang akan sangat berguna dalam penanganan COVID-19 di Indonesia, demikian disampaikan dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca Juga: Penampakan Mengerikan Banjir di India yang Tewaskan 125 Orang

ilustrasi tabung oksigen, masker oksigen. (Dok. Envato)
ilustrasi tabung oksigen, masker oksigen. (Dok. Envato)

Dalam sambutannya, Dubes India untuk Indonesia menyampaikan komitmen dan harapan India untuk terus bekerja sama dengan Indonesia dalam penanganan pandemi, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Konsentrator dan oksigen medis yang diterima langsung disalurkan melalui Kementerian Kesehatan kepada berbagai pihak yang membutuhkan.

Pada kesempatan sebelumnya, Indonesia juga pernah mengirimkan bantuan serupa kepada India, saat negara tersebut mengalami lonjakan kasus COVID-19 yang luar biasa pada Mei lalu.

India merupakan negara mitra komprehensif strategis bagi Indonesia di kawasan, dan kedua negara terus mengembangkan kerja sama di berbagai bidang, baik melalui forum bilateral, regional, maupun multilateral.

Sementara itu, Swiss dalam upaya membantu Indonesia melawan pandemi COVID-19 mengirimkan 600 oksigen konsentrator ke Jakarta.

Baca Juga: Layanan Isi Ulang Oksigen Gratis Bagi Warga Malang yang Isolasi Mandiri

Bantuan yang dikirim ke Jakarta itu adalah pengiriman keenam konsentrator oksigen dan pasokan medis lainnya yang dilakukan Swiss ke negara lain sejak Mei 2021, menurut keterangan tertulis yang disampaikan Kedutaan Besar Swiss di Jakarta, Minggu.

Komentar