alexametrics

Atasi Sesak Napas Saat Isolasi Mandiri, Ini 7 Cara Senam Pernapasan untuk Pasien Covid-19

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Atasi Sesak Napas Saat Isolasi Mandiri, Ini 7 Cara Senam Pernapasan untuk Pasien Covid-19
Ilustrasi senam pernapasan. (Shutterstock)

Sesak napas mengintai pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri. Simak cara mengatasinya dengan senam pernapasan berikut ini.

Suara.com - Sesak napas mengintai pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri alias isoman. Simak cara mengatasinya dengan senam pernapasan berikut ini.

Serangan sesak napas kerap jadi perhatian di masa pandemi Covid-19. Pasalnya jika terjadi, tubuh berisiko besar alami perburukan, jadi masyarakat perlu tahu cara senam pernapasan untuk mengatasi sesak napas saat isolasi mandiri (isoman) bagi pasien Covid-19.

Mengutip kanal YouTube National Hospital Surabaya, Selasa (27/7/2021) langkah pertama menangani sesak napas adalah tidak boleh panik.

"Biasanya kalau sudah mengalami sesak napas, akan terasa panik, hasilnya sudah sesak malah semakin sesak," terang dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, dr. Patricia Maria Kurniawati, Sp.KFR.

Baca Juga: Sering Dikira Sama, Ini Beda Karantina dan Isolasi Mandiri Pasien COVID-19

Olahraga pernapasan. (Shutterstock)
Senam pernapasan. (Shutterstock)

Setelah mengendalikan kepanikan, selanjutnya bisa mulai melakukan senam pernapasan saat sesak napas melanda ketika sedang isoman di rumah. Cukup lakukan dua kali sehari yang nantinya akan jadi lebih mudah bila alami sesak napas.

"Saya sarankan lakukan latihan ini dalam posisi duduk. Bisa juga Anda lakukan dengan posisi berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu," terang dr. Patricia.

Berikut ini tahap senam pernapasan:

1. Deep Breathing

Tarik napas dalam hidung, tahan dua detik kemudian hembuskan lewat mulut, lakukan sebanyak 4 hingga 5 kali.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri di Rumah

2. Chest Expansion

Komentar