alexametrics

Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Kesehatan Jantung, Simak 5 Manfaat Bawang Putih

Cesar Uji Tawakal | Fita Nofiana
Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Kesehatan Jantung, Simak 5 Manfaat Bawang Putih
Ilustrasi bawang putih. [Freepik]

Bawang putih memiliki berbagai manfaat kesehatan, apa saja?

Suara.com - Bawang putih menjadi penyedap di berbagai makanan. Bukan hanya rasanya yang kuat, bawang putih juga memiliki kandungan nutrisi kuat. 

Melansir dari Mdlinx, bawag putih mengandung vitamin B dan C, serta mangan, selenium, zat besi, tembaga, dan kalium. 

"Bawang putih juga merupakan sumber allicin yang bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan," kata ahli diet terdaftar Laura Jeffers, dari Cleveland Clinic.

Bersama dengan nutrisi lain, allicin, cairan berminyak bawang putih memberikan fitur anti-inflamasi dan antioksidan pada bawang putih.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental, Ini Cara Menjaga Keseimbangan Kerja Selama WFH

Menurut sebuah ulasan dari Antioxidant, bawang memiliki efek peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit. Secara lebih rinci berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan, antara lain:

1. Meningkatkan kekebalan

Menurut ahli diet terdaftar Cynthia Sass, bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak bawang putih cenderung terkena flu lebih sedikit dan pulih lebih cepat jika mereka terinfeksi virus.  Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih dapat mengurangi keparahan pilek atau flu.

Ilustrasi Bawang Putih. (Unsplash/@nordwood)
Ilustrasi Bawang Putih. (Unsplash/@nordwood)

2. Risiko kanker lebih rendah

Baca Juga: Sering Overthinking Tengah Malam? Psikolog Beri Tahu Cara Mengatasinya

Senyawa bawang putih telah ditemukan menawarkan perlindungan dari beberapa jenis kanker, termasuk kanker perut, tenggorokan, prostat, dan usus besar.

Komentar