alexametrics

Dokter Gizi Ungkap 3 Nutrisi Penting untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Dokter Gizi Ungkap 3 Nutrisi Penting untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Nutrisi untuk kekebalan tubuh. (Shutterstock)

Meski nutrisi lain tak kalah penting untuk kesehatan, tapi 3 nutrisi ini sangat mendukung sistem keebalan tubuh.

Suara.com - Menjaga sistem kekebalan tubuh jadi salah satu cara terhindar dari Covid-19. Sedangkan untuk meningkatkan imunitas, ahli gizi ingatkan 3 nutrisi penting berikut, yaitu omega 3, protein, dan vitamin D.

Tanpa mengindahkan komponen lainnya, dokter spesialis gizi dr. Arti Indira, SpGK, mengatakan keberadaan tiga komponen ini sangat vital perannya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

"Tiga komponen nutrisi perlu diperhatikan akan mendukung tubuh kita, yaitu EPA atau asam lemak omega 3 yang bersifat imunostimulant untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh," ujar dr. Arti acara diskusi bersama Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) Jaya, Kamis (2/9/2021).

Asupan omega 3 bisa diperoleh dari makanan seperti ikan salmon, ikan teri, biji kenari, kacang kedelai, ikan sarden, ikan makarel, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Sayuran yang Sebaiknya Dimasak Tanpa Dikupas Kulitnya, Kaya Nutrisi!

Komponen selanjutnya, yakni protein yang berfungsi untuk mengganti jaringan tubuh yang rusak. Seperti saat tubuh mengalami luka atau peradangan, maka asupan protein ini sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka, dan merangsang sel baru untuk memperbaiki luka.

Protein bisa didapatkan dari brokoli, susu murni, kacang hitam, kacang edamame, kentang, kembang kol, telur, gandum, keju, kacang almond, dada ayam dan sebagainya.

Terakhir adalah vitamin D yang berfungsi sebagai antioksidan, sekaligus untuk meningkatkan kinerja sel tubuh. Vitamin D sebaiknya didapat dari sinar matahari berkat aktivitas olahraga di luar ruangan untuk menguatkan otot, agar tubuh tetap mendapatkan energi.

Namun dr. Arti juga tidak melarang apabila asupan vitamin tidak mencukupi, bisa mengonsumsi vitamin minum dalam bentuk tablet, minuman, kapsul, dan lain sebagainya yang sering disebut ONS atau Oral Nutritional Supplement, apabila memiliki mobilitas cukup sering di luar rumah.

"Terutama ONS yang kaya akan kandungan nutrisi protein, EPA, Vit. D serta vitamin dan mineral lainnya, juga yang mudah dikonsumsi atau bentuknya ready-to-drink, sehingga kebutuhan akan nutrisi optimal dapat dipenuhi dengan cara yang lebih praktis," pungkas dr. Arti.

Baca Juga: 7 Manfaat Jeruk Nipis dengan Khasiat yang Ampuh Bagi Kesehatan

Komentar