alexametrics

Berkaca dari Koes Hendratmo, Ini 9 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Sehatkan Jantung

Bimo Aria Fundrika | Lilis Varwati
Berkaca dari Koes Hendratmo, Ini 9 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Sehatkan Jantung
Profil Koes Hendratmo. (Instagram/koeshendratmo902)

Meski demikian, penyakit jantung juga rentan terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat dalam jangka waktu lama.

Suara.com - Penyanyi Koes Hendratmo meninggal dunia, Selasa (7/9), di kediamannya. Meski sebelumnya tidak terdengar kabar sakit, namun musisi 78 tahun itu diketahui memiliki riwayat penyakit jantung semasa hidupnya. 

Dikutip dari Healthline, usia memang termasuk salah satu penyebab timbulnya penyakit jantung. Seiring makin tua usia, beberapa organ dalam tubuh juga bisa saja melemah seiring waktu.  

Meski demikian, penyakit jantung juga rentan terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat dalam jangka waktu lama.

Meski tak diketahui seberapa jauh kondisi penyakit jantung yang dialami Koes Hendratmo, tak ada salahnya mengambil hikmah dari berpulangnya sang maestro. 

Baca Juga: Senyuman Maut Koes Hendratmo Jadi Inspirasi Tantowi Yahya Bawakan Acara

Semasih ada waktu, tak pernah terlambat untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat demi kesehatan jantung selalu terjaga. Dikutip dari Health Grades, berikut 9 kebiasaan sederhana yang bisa menyehatkan jantung dalam jangka panjang.

Koes Hendratmo [Instagram/@koeshendratmo902]
Koes Hendratmo [Instagram/@koeshendratmo902]

1. Pilih makan sehat

Konsumsi makanan sehat bukan hanya bisa mencegah penyakit jantung, tapi juga menjaga kesehatan secara keseluruhan. Tidak harus mengubah semua kebiasaan makan secara sekaligus, tetapi usahakan untuk menambahkan lebih banyak biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan ke dalam menu makan setiap minggu.

Cobalah untuk mengurangi lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, natrium, dan gula. Beralih pada diet sehat jantung dengan menjaga kolesterol, tekanan darah, dan gula darah tetap terkendali. Tindakan itu bisa membantu pertahankan berat badan yang sehat.

2. Fisik aktif

Baca Juga: Koes Hendratmo Meninggal, Begini Cara Cegah Kematian Akibat Penyakit Jantung

Manusia memang dianjurkan berolahraga selama 30 menit dengan intensitas sedang setidaknya 5 hari dalam seminggu. Waktu 30 menit itu bisa dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil seperti mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan selama 15 menit dalam dua kali sehari. Atau bermain dengan anak-anak, mengadakan pesta dansa di ruang tamu, bahkan membersihkan kebun. 

Komentar